PENGARUH PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION (RME) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD DI DESA PEMARON

Authors

  • Lh Pt Ary Partini, A. A. Gede Agung, I Nym Arcana

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.687

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) deskripsi hasil belajar matematika siswa kelompok kontrol yang mengikuti model pembelajaran konvensionl, (2) deskripsi hasil belajar matematika siswa kelompok eksperimen yang mengikuti pembelajaran pendekatan realistic mathematic education (RME), (3) perbedaan hasil belajar matematika siswa antara kelompok siswa yang mengikuti pendekatan realistic mathematic education (RME) dengan kelompok siswa yang melaksanakan pembelajaran menggunakan model pembelajaran konvensional. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD di Desa Pemaron Kecamatan Buleleng, tahun pelajaran 2012/2013 yang berjumlah 70 orang. Sampel penelitian ini yaitu siswa kelas V SD No.1 Pemaron yang berjumlah 38 orang dan siswa kelas V SD No. 2 Pemaron yang berjumlah 32 orang. Data hasil belajar dikumpulkan dengan menggunakan tes pilihan ganda. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial yaitu uji-t. Hasil penelitian ini menemukan bahwa: (1) hasil belajar matematika siswa kelompok kontrol tergolong sedang, (2) hasil belajar matematika siswa kelompok eksperimen tergolong tinggi, (3) terdapat perbedaan hasil belajar matematika siswa kelas V semester II di Desa Pemaron yang signifikan antara kelompok siswa yang mengikuti pendekatan realistic mathematic education (RME) dengan kelompok siswa yang mengikuti pembelajaran model konvensional.

 

Kata kunci: Pendekatan RME, hasil belajar dan matematika.

 

Downloads

Published

2013-01-08

How to Cite

I Nym Arcana, L. P. A. P. A. A. G. A. (2013). PENGARUH PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION (RME) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD DI DESA PEMARON. MIMBAR PGSD Undiksha, 1(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.687

Issue

Section

Articles