PENGARUH PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION (RME) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD DI DESA PEMARON
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.687Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) deskripsi hasil belajar matematika siswa kelompok kontrol yang mengikuti model pembelajaran konvensionl, (2) deskripsi hasil belajar matematika siswa kelompok eksperimen yang mengikuti pembelajaran pendekatan realistic mathematic education (RME), (3) perbedaan hasil belajar matematika siswa antara kelompok siswa yang mengikuti pendekatan realistic mathematic education (RME) dengan kelompok siswa yang melaksanakan pembelajaran menggunakan model pembelajaran konvensional. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD di Desa Pemaron Kecamatan Buleleng, tahun pelajaran 2012/2013 yang berjumlah 70 orang. Sampel penelitian ini yaitu siswa kelas V SD No.1 Pemaron yang berjumlah 38 orang dan siswa kelas V SD No. 2 Pemaron yang berjumlah 32 orang. Data hasil belajar dikumpulkan dengan menggunakan tes pilihan ganda. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial yaitu uji-t. Hasil penelitian ini menemukan bahwa: (1) hasil belajar matematika siswa kelompok kontrol tergolong sedang, (2) hasil belajar matematika siswa kelompok eksperimen tergolong tinggi, (3) terdapat perbedaan hasil belajar matematika siswa kelas V semester II di Desa Pemaron yang signifikan antara kelompok siswa yang mengikuti pendekatan realistic mathematic education (RME) dengan kelompok siswa yang mengikuti pembelajaran model konvensional.
Kata kunci: Pendekatan RME, hasil belajar dan matematika.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Mimbar PGSD Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)