PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN PQ4R BERBANTUAN MEDIA GAMBAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV DI SD GUGUS VI KECAMATAN SAWAN
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.690Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan hasil belajar IPS siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran konvensional (2) mendeskripsikan hasil belajar IPS pada siswa yang dibelajarkan dengan startegi pembelajaran PQ4R berbantuan media gambar (3) mengetahui perbedaan yang signifikan hasil belajar IPS antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan strategi pembelajaran PQ4R berbantuan media gambar dan siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran konvensional pada siswa kelas IV. Jenis penenlitian ini adalah quasi eksperiment. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas IV di SDN Gugus VI Kecamatan Sawan yang berjumlah 202 siswa. Sampel penelitian yaitu siswa Kelas IV SDN 4 dan SDN 8 Sangsit yang berjumlah 82 siswa. Data hasil belajar IPS dikumpulkan dengan metode tes berbentuk pilihan ganda. Data dianalisis dengan analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial (uji-t). Berdasarkan hasil analisis deskriptif, skor hasil belajar IPS siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran konvensional berada pada kategori rendah. Sedangkan skor hasil belajar IPS siswa yang dibelajarkan dengan strategi PQ4R berbantuan media gambar berada pada kategori tinggi. Dengan adanya perbedaan dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi PQ4R berpengaruh terhadap hasil belajar IPS siswa kelas IV.
Kata kunci : Strategi PQ4R, Hasil Belajar IPS
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Mimbar PGSD Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)