PENGARUH IMPLEMENTASI PENDEKATAN KONTEKSTUAL BERBANTUAN ASESMEN PORTOFOLIO TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SD DI DESA ANTURAN
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.691Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk, (1) mengetahui kualitas hasil belajar IPA antara kelompok siswa yang mengikuti pendekatan kontekstual berbantuan asesmen portofolio dan siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional dan, (2) untuk mengetahui perbedaan hasil belajar IPA yang mengikuti pendekatan kontekstual berbantuan asesmen portofolio pada siswa kelas IV SD No. 1 Anturan dan pada siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional pada SD No 3 Anturan tahun ajaran 2012/2013. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment,. dengan rancangan penelitian non equivalent post-test only control group design. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa SD di Desa Anturan tahun ajaran 2012/2013 yang berjumlah 119 orang. Sampel diambil dengan cara random sampling yang berjumlah 75 orang. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah hasil belajar IPA, dengan tes hasil belajar IPA dalam bentuk uraian. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa thitung 8,801 > ttabel 2,00. Skor rata-rata siswa yang belajar menggunakan pendekatan kontekstual berbantuan asesmen portofolio sebesar 31,53 dan berada pada kategori sangat tinggi dan siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran konvensional yaitu 22,94 dan berada pada kategori sedang, maka dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar IPA antara kelompok siswa yang belajar menggunakan pendekatan kontekstual berbantuan asesmen portofolio dengan kelompok siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran konvensional.
Kata kunci: kontekstual, asesmen portofolio, hasil belajar
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Mimbar PGSD Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)