¬¬PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SSCS BERBANTUAN MEDIA VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD DI GUGUS VII KECAMATAN BUSUNGBIU

Authors

  • Ni Kd Warmini, A. A. Gede Agung, Md. Sumantri

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.692

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1)deskripsi hasil belajar Matematika siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional, 2)deskripsi hasil belajar Matematika yang mengikuti model pembelajaran SSCS berbantuan media visual, dan 3)pengaruh model pembelajaran SSCS berbantuan media visual yang signifikan terhadap hasil belajar Matematika pada siswa kelas IV di SD semester genap tahun pelajaran 2012/2013 gugus VII kecamatan Busungbiu kabupaten Buleleng.Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan populasi seluruh siswa kelas IV di gugus VII kecamatan Busungbiu yang berjumlah 117 orang.Sampel penelitian berjumlah 63 orang.Data hasil belajar Matematika dianalisis menggunakan statistik desktiptif dan statistik inferensial (uji-t).Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama,siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran konvensional menunjukkan sebagian besar skor siswa cenderung rendah.Kedua,siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran SSCS berbantuan media visual menunjukkan sebagian besar skor cenderung tinggi.Ketiga,terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar Matematika antara siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran SSCS berbantuan media visual dan siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran konvensional.Hal ini berarti model pembelajaran SSCS berbantuan media visual berpengaruh tehadap hasil belajar Matematika pada siswa kelas IV semester genap tahun pejaran 2012/2013 di Sekolah Dasar gugus VII kecamatan Busungbiu.

 

Kata kunci: model SSCS, visual, hasil belajar

Downloads

Published

2013-01-08

How to Cite

Md. Sumantri, N. K. W. A. A. G. A. (2013). ¬¬PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SSCS BERBANTUAN MEDIA VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD DI GUGUS VII KECAMATAN BUSUNGBIU. MIMBAR PGSD Undiksha, 1(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.692

Issue

Section

Articles