Pengaruh Model Role Playing Berbasis Permainan Tradisional Bali Terhadap Keterampilan Berbicara Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas III

Kadek Yuda Wibawa ., Dr. Desak Putu Parmiti,MS ., Drs. Ndara Tanggu Renda .

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan keterampilan berbicara antara siswa yang mengikuti model pembelajaran Role Playing berbasis permainan tradisional Bali dengan pembelajaran konvensional pada mata pelajaran bahasa Indonesia siswa kelas III SD di Gugus II Kecamatan Buleleng Tahun Pelajaran 2015/2016. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen (eksperimen semu), dengan rancangan penelitian menggunakan desain penelitian eksperimen “posttest only with equivalent control group design. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III SD di Gugus II Kecamatan Buleleng, dengan SD Negeri 3 Penarukan sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 38 siswa dan SD negeri 4 Penarukan sebagai kelas kontrol yang berjumlah 33 siswa. Objek penelitian ini adalah keterampilan berbicara pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan metode non tes (observasi). Data dianalisis dengan teknik analisis statistik deskriptif dan inferensial. Berdasarkan hasil analisis pada uji hipotesis diperoleh thitung=6,68 dan ttabel=1,66 pada taraf signifikansi 5% dan dk=69, dengan membandingkan hasil thitung dengan ttabel dapat disimpulkan bahwa thitung>ttabel, maka H0 ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil analisis pada uji hipotesis maka penelitian menujukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan keterampilan berbicara pada mata pelajaran Bahasa Indonesia antara siswa yang mengikuti pembelajaran Role Playing berbasis permainan tradisional Bali dan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional pada siswa kelas III SD di Gugus II Kecamatan Buleleng.
Kata Kunci : Bahasa Indonesia, permainan tradisional Bali, role playing

The purpose of research is to know the difference between the speaking skills of students who take the role playing Learning Model with balinese traditional games bases compared with the conventional learning on Indonesian subject on the 3rd grade of elementary school students in Gugus II Buleleng distric school years 2015/2016. Type of the research is quasi research experiment (quasi-experiment), the research plan with “posttest only with equivalent control group design”. The subject of the research is 3rd grade of elementary school students in Gugus II Buleleng distric, with the Penarukan elementary school no 3 as experiment class as 38 many student and Penarukan elemntary school no 4 as control class as 33 many student. The object of the research is speaking skills with the conventional learning on Indonesia. Data as collected with tecnique by the non-test method (observation). Analys of data as analys tecnique statistic descriptive and inferential. Base the result of analys on hypothesis test obtainable is tcalculate=6,68 and ttable=1,66 by the extent from 5% significance and dk=69, with result oppuse tcalculate with ttable can concluted that tconclute>ttable, so H0 rejected dan Ha accept. Base the result of analys on hypothesis test that the research be found deffrent as significant speaking skills with the conventional learning on Indonesia students who take the role playing Learning Model with balinese traditional games and student who take conventional of student on the 3rd grade of elementary school students in Gugus II Buleleng distric.
keyword : balinese traditional games, learning on Indonesian, role playing

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v4i1.6952

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :


Universitas Pendidikan Ganesha


Creative Commons License

Mimbar PGSD Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Mimbar PGSD Undiksha indexed by:

Akreditasi SINTA 5 Mimbar PGSD    Crossref



Creative Commons License

Mimbar PGSD Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.