PENGARUH METODE PEMBELAJARAN PQRST TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD DI DESA SINABUN

Authors

  • I Md. Yudi Candra Negara, Ni Kt. Suarni, I Gd. Margunayasa

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.698

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar IPA antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan metode PQRST dan siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran konvensional pada siswa kelas V SDN di Desa Sinabun Kecamatan Sawan pada semester genap tahun ajaran 2012/2013. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas V SDN di Desa Sinabun Kecamatan Sawan tahun pelajaran 2012/2013 yang berjumlah 89 siswa. Sampel penelitian ini yaitu siswa kelas V SDN 1 Sinabun yang berjumlah 39 siswa dan siswa kelas V SDN 2 Sinabun yang berjumlah 29 siswa. Data hasil belajar dikumpulkan dengan menggunakan tes isian. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial yaitu uji-t. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar IPA yang signifikan antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan metode PQRST dan siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran konvensional pada siswa kelas V SDN di Desa Sinabun pada semester genap tahun ajaran 2012/2013. Perbandingan perhitungan rata-rata hasil belajar IPA yang mengikuti pembelajaran dengan metode PQRST adalah 13,00 lebih besar dari rata-rata hasil belajar IPA siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran konvensional sebesar 8,63. Adanya perbedaan menunjukkan bahwa pembelajaran menggunakan metode pembelajaran PQRST berpengaruh terhadap hasil belajar IPA siswa dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional.

 

Kata kunci: metode PQRST, hasil belajar IPA

 

Downloads

Published

2013-01-08

How to Cite

I Gd. Margunayasa, I. M. Y. C. N. N. K. S. (2013). PENGARUH METODE PEMBELAJARAN PQRST TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD DI DESA SINABUN. MIMBAR PGSD Undiksha, 1(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.698

Issue

Section

Articles