PENGARUH MODEL INKUIRI TERBIMBING, GAYA KOGNITIF, DAN MOTIVASI BERPRESTASI TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP IPA SISWA KELAS V SD

Authors

  • I Dewa Ayu Agung Paramitha .
  • Dra. Made Sulastri, M.Pd. .
  • I Gede Margunayasa, S.Pd., M.Pd. .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v4i1.6997

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing, gaya kognitif, dan motivasi berprestasi terhadap pemahaman konsep IPA. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Gugus 3 Kelurahan Bitera Kecamatan Gianyar tahun pelajaran 2015/2016. Sampel penelitian dipilih dengan teknik random sampling. Desain penelitian yang digunakan yaitu post-test only non equivalent control group design. Data dikumpulkan dengan tes pemahaman konsep IPA, MFFT dan kuesioner motivasi berprestasi. Data yang diperoleh diolah menggunakan analisis kovarian dua jalur satu kovariabel. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh hasil sebagai berikut: 1) terdapat perbedaan yang signifikan pemahaman konsep IPA antara siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing dan siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional setelah mengontrol motivasi berprestasi (Sig. < α, Sig. = 0,000 dan α = 0,05); 2) terdapat perbedaan yang signifikan pemahaman konsep IPA antara siswa yang memiliki gaya kognitif impulsif dan siswa yang memiliki gaya kognitif reflektif setelah mengontrol motivasi berprestasi (Sig. < α, Sig. = 0,012 dan α = 0,05); 3) tidak terdapat interaksi yang signifikan antara model pembelajaran ditinjau dari gaya kognitif terhadap pemahaman konsep IPA setelah mengontrol motivasi berprestasi (Sig. > α, Sig. = 0,057 dan α = 0,05); dan 4) terdapat korelasi yang signifikan antara motivasi berprestasi dengan pemahaman konsep IPA (Sig. < α, Sig. = 0,000 dan α = 0,01). Dengan demikian, model pembelajaran inkuiri terbimbing, gaya kognitif, dan motivasi berprestasi berpengaruh terhadap pemahaman konsep IPA.
Kata Kunci : model pembelajaran inkuiri terbimbing, gaya kognitif, pemahaman konsep IPA, motivasi berprestasi

This research was aimed to describe the effect of guided inquiry learning model, cognitive styles, and achievement motivation toward science concept understanding. The population in this research was the entire of fifth grade student in elementary school belonging to the cluster 3 of Bitera District in Gianyar Regency in the academic years 2015/2016. Samples were selected by random sampling technique. The research design using a post-test only non equivalent control group design. Data were collected with science concepts understanding test, MFFT and achievement motivation questionnaire. The obtained data were processed by two-way analysis of covariance with one covariate. The result of the research showed that: 1) there are significant differences of science concept understanding between the students that learned with guided inquiry learning model and students that learned with conventional learning after controlling the achievement motivation (Sig. < Α, Sig. = 0.000 and α = 0.05); 2) there are significant differences of science concept understanding between students who have impulsive cognitive styles and students who have reflective cognitive styles after controlling the achievement motivation (Sig. < Α, Sig. = 0.012 and α = 0.05); 3) there are no significant interaction between learning model in terms of cognitive style on science concept understanding after controlling the achievement motivation (Sig. > Α, Sig. = 0.057 and α = 0.05); and 4) there are significant correlation between achievement motivation and science concept understanding (Sig. <α, Sig. = 0.000 and α = 0.01). Therefore, guided inquiry learning model, cognitive style, and achievement motivation affect the science concept understanding.
keyword : guided inquiry learning model, cognitive styles, science concept understanding, achievement motivation

Published

2016-06-16

How to Cite

., I. D. A. A. P., ., D. M. S. M., & ., I. G. M. S. M. (2016). PENGARUH MODEL INKUIRI TERBIMBING, GAYA KOGNITIF, DAN MOTIVASI BERPRESTASI TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP IPA SISWA KELAS V SD. MIMBAR PGSD Undiksha, 4(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v4i1.6997

Issue

Section

Articles