PENERAPAN SAINTIFIK BERBASIS INKUIRI MENINGKATKAN SIKAP DAN PENGETAHUAN PKn KELAS IV SD NEGERI 1 KEROBOKAN

Authors

  • Ayu Sintya .
  • Dr. I G. A. Agung Sri Asri,M.Pd .
  • Drs. I Wayan Darsana,M.Ed .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v4i1.7002

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan sikap dan kompetensi pengetahuan PKn tema cita-citaku melalui penerapan pendekatan saintifik berbasis inkuiri kelas IV SD Negeri 1 Kerobokan. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IVb SD Negeri 1 Kerobokan yang berjumlah 36 siswa. Data tentang sikap sosial dikumpulkan dengan menggunakan metode observasi dan kompetensi pengetahuan PKn siswa dikumpulkan dengan menggunakan metode tes. Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan analisis statistik deskriptif dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan sikap sosial siswa dari persentase rata-rata 77,33% pada siklus I meningkat menjadi 86,60% pada siklus II. Terjadinya peningkatan kompetensi pengetahuan PKn dari persentase rata-rata siswa sebesar 72,55% pada siklus I meningkat menjadi 84,27% pada siklus II dan ketuntasan belajar mencapai 69,44% pada siklus I meningkat menjadi 86,11% pada siklus II dengan ketuntasan belajar sudah mencapai kriteria yang diharapkan yaitu 80%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan saintifik berbasis inkuiri dapat meningkatkan sikap dan kompetensi pengetahuan PKn pada tema cita-citaku kelas IV SD Negeri 1 Kerobokan Tahun Pelajaran 2015/2016
Kata Kunci : Saintifik, Sikap, Kompetensi Pengetahuan PKn

This study aims to improve the attitude and competence of a theme Civics knowledge my goal through the implementation of inquiry -based scientific approach to the fourth grade of SD Negeri 1 Kerobokan. This study was conducted in two cycles . This research subject is class IVb SD Negeri 1 Kerobokan totaling 36 students . Data on social attitudes were collected using a observation methods Civics students' knowledge and competence collected using test method. The collected data were then analyzed using descriptive statistics and quantitative descriptive . The results showed that an increase in students' social attitude of the average percentage of 77.33 % in the first cycle increased to 86.60 % in the second cycle. An increasing competence civics knowledge of the average percentage of students amounted to 72.55 % in the first cycle increased to 84.27 % in the second cycle and complete learn reached 69.44 % in the first cycle increased to 86.11 % in the second cycle with thoroughness learning has reached a desirable criterion of 80%. Based on these results it can be concluded that the implementation of inquiry- based scientific approaches can improve attitudes and competence Civics knowledge on the theme of my ideals class IV Kerobokan SD Negeri 1 Academic Year 2015/2016
keyword : : Scientific , Attitude , Knowledge Competence Civics

Published

2016-06-17

How to Cite

., A. S., ., D. I. G. A. A. S. A., & ., D. I. W. D. (2016). PENERAPAN SAINTIFIK BERBASIS INKUIRI MENINGKATKAN SIKAP DAN PENGETAHUAN PKn KELAS IV SD NEGERI 1 KEROBOKAN . MIMBAR PGSD Undiksha, 4(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v4i1.7002

Issue

Section

Articles