Penerapan Metode Journalist Question (5W 1H) Berbantuan Media Foto Pribadi Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Narasi Kelas III

Ni Made Desy Ratnayanti ., Dr. I Nyoman Jampel,M.Pd ., Drs. Dewa Nyoman Sudana,M.Pd. .

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis narasi siswa kelas III SD Negeri 2 Perancak Kecamatan Jembrana, Kabupaten Jembrana tahun ajaran 2015/2016 melalui penerapan metode journalist question (5W 1H) berbantuan media foto pribadi. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu tahap perencanaan, tahap tindakan, tahap observasi/evaluasi, dan tahap refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III SD Negei 2 Perancak yang berjumlah 31 orang. Objek penelitian ini adalah keterampilan menulis narasi. Data keterampilan menulis narasi siswa dikumpulkan dengan metode unjuk kerja. Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil analisis data menunjukan bahwa nilai rata-rata siswa sebelum tindakan sebesar 58,96 dengan ketuntasan klasikal sebesar 25,80%, pada tindakan siklus I mengalami peningkatan menjadi 67,74 dengan ketuntasan klasikal sebesar 67,74%, pada tindakan siklus II nilai rata-rata siklus II yaitu 75,70 dengan ketuntasan klasikal sebesar 87,09, dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan metode journalist question (5W 1H) berbantuan media foto pribadi dapat meningkatkan keterampilan menulis narasi siswa kelas III SD Negeri 2 Perancak Kecamatan Jembrana, Kabupaten Jembrana Tahun Ajaran 2015/2016.
Kata Kunci : Keterampilan menulis narasi, Metode journalist question (5W 1H), media foto pribadi

This study aims to improve the skills of third grade students write narrative SD Negeri 2 Perancak District of Jembrana, Jembrana regency 2015/2016 school year through the application of methods journalist question (5W 1H) media-aided private photos. This research is a classroom action conducted in two cycles. Each cycle consists of planning, action, observation/evaluation, and reflection. The subjects were students of class III SD Negeri 2 Perancak totaling 31 people. Data narrative writing skills of students gathered by the method of performance. The collected data was then analyzed by quantitative descriptive analysis. The results of data analysis showed that the average value of students before action 58,96 with classical completeness amounted to 25,80%, in the first cycle of action occurs, improved to 67,74%, in the second cycle of the average value- rata second cycleis 75,70 with classical completeness of 87,09%, it can be concluded that with the adoption of journalist question (5W 1H) aided private photo media can improve writing skills narration third grade students of SD Negeri 2 Perancak District of Jembrana, Jembrana year doctrine 2015/2016.
keyword : narrative writing skills, methods journalist question (5W 1H), Media private photos

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v4i1.7004

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :


Universitas Pendidikan Ganesha


Creative Commons License

Mimbar PGSD Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Mimbar PGSD Undiksha indexed by:

Akreditasi SINTA 5 Mimbar PGSD    Crossref



Creative Commons License

Mimbar PGSD Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.