PENGARUH MODEL POGIL DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS V SD

Desak Putu Sri Lestari ., Dra. Made Sulastri, M.Pd. ., I Gede Margunayasa, S.Pd., M.Pd. .

Abstract


Penelitian ini bertujuan (1) menganalisis perbedaan hasil belajar antara kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model POGIL dan pembelajaran konvensional, (2) menganalisis perbedaan hasil belajar antara kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model POGIL dan pembelajaran konvensional setelah mengontrol minat belajar, (3) menganalisis korelasi antara minat belajar dan hasil belajar IPA. Penelitian ini tergolong quasi experiment dengan rancangan nonequivalent group post-test only design. Populasi penelitian adalah siswa kelas V SD di Gugus I Kecamatan Gianyar Kabupaten Gianyar tahun pelajaran 2015/2016. Sampel penelitian ini dipilih dengan teknik random sampling. Instrumen penelitian adalah tes hasil belajar IPA dan kuesioner minat belajar. Data dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan Anakova A. Hasil penelitian menunjukkan (1) terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar IPA antara kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model POGIL dan kelompok siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional (Fhitung = 150,084 dengan sig = 0,000), (2) terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar IPA antara kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model POGIL dan kelompok siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional setelah mengontrol minat belajar (Fhitung = 173,996, dengan sig = 0,000), dan (3) terdapat korelasi yang signifikan antara minat belajar dan hasil belajar IPA (Fhitung = 16,902 dengan sig = 0,000) di SD N 5 Gianyar dan SD N 4 Gianyar. Berdasarkan pemaparan di atas maka dapat disimpulkan bahwa model POGIL dan minat belajar berpengaruh terhadap hasil belajar IPA pada siswa kelas V SD di Gugus I Kecamatan Gianyar Kabupaten Gianyar tahun pelajaran 2015/2016.
Kata Kunci : Model POGIL, hasil belajar IPA, minat belajar

This study is aimed (1) to analyzed the difference of learning result between the students’ group which studied with POGIL model and conventional learning, (2) to analyzed the difference of learning result between the students’ group which studied with POGIL model and conventional learning by controlling the interest in learning, (3) to analyzed the correlation between learning result and the interest in learning. This study is quasi experiment with nonequivalent group post-test only design. The populations of the study are the students in class V SD Negeri at Gianyar Districts of Gianyar Regency in academic year 2015/2016. The sample of this study is random sampling technique. The instrument of this study is achievement test and questionnaire of the interest in learning. The data analysis is using descriptive statistic and Anakova A. The result showed (1) there are the significance difference of learning result between the students’ group which studied with POGIL model and conventional learning (Fhitung = 150,084 dengan sig = 0,000), 2) there are the significance difference of learning result between the students’ group which studied with POGIL model and conventional learning by controlling the interest in learning (Fhitung = 173,996, dengan sig = 0,000), and (3) there are significance the correlation between learning result and the interest in learning (rhitung = 16,902 dengan sig = 0,000) at SD N 5 Gianyar and SD N 4 Gianyar. Thus POGIL models and interest in learning affect the learning result in class V SD Negeri at Gianyar Districts of Gianyar Regency in academic year 2015/2016.
keyword : POGIL models, learning result, the interest in learning

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v4i1.7011

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :


Universitas Pendidikan Ganesha


Creative Commons License

Mimbar PGSD Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Mimbar PGSD Undiksha indexed by:

Akreditasi SINTA 5 Mimbar PGSD    Crossref



Creative Commons License

Mimbar PGSD Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.