Penerapan Pemberian Sugesti Positif dengan Model SAVI Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V

Nyoman Dewi Septiani ., Dr. I Nyoman Jampel,M.Pd ., Dr. I Komang Sudarma,S.Pd, M.Pd. .

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Matematika dengan menerapkan sugesti positif dengan model SAVI pada siswa kelas V tahun pelajaran 2015/2016 di SD Mutiara Singaraja. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus, yang terdiri atas empat kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V tahun pelajaran 2015/2016 di SD Mutiara Singaraja, yang berjumlah 24 siswa. Objek penelitian ini adalah peningkatan hasil belajar Matematika. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan metode tes. Data dianalisis dengan teknik analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian menujukkan bahwa terjadi peningkatan persentase hasil belajar Matematika pada siswa kelas V di SD Mutiara Singaraja. Berdasarkan hasil tes, pada siklus I rata-rata hasil belajar Matematika siswa yang diperoleh sebesar 78,5% (kategori cukup). Rata-rata hasil belajar Matematika siswa pada siklus II sebesar 88% (kategori tinggi). Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan pemberian sugesti positif dengan pembelajaran model SAVI dapat meningkatkan hasil belajar Matematika siswa kelas V SD Mutiara Singaraja.
Kata Kunci : Model SAVI, Sugesti Positif, Hasil Belajar Matematika

This research aims to improve learning outcomes by implementing positive suggestions Mathematical with model SAVI in class V students in academic year 2015/2016 in SD Mutiara Singaraja. This research is a classroom action research conducted in two cycles. Each cycle consists of planning, implementation of the action, test and evaluation, and reflection. Implementation of the action of each cycle is four meetings. The subjects were fifth grade students in the academic year 2015/2016 in SD Mutiara Singaraja, totaling 24 people . The object of this study is to increase learning outcomes in Mathematics. Collecting data in this study conducted with test method. Data were analyzed with descriptive statistical analysis techniques. The results showed that an increase in the percentage of learning mathematics in grade V in SD Mutiara Singaraja. Based on the test results , in the first cycle the average result of learning mathematics is 78.5% (category enough). The average result of learning mathematics students in the second cycle of 88% (high category). Based on these results it can be concluded that the application of the provision of positive suggestions with SAVI models can improve learning outcomes Mathematical fifth grade students of SD Mutiara Singaraja.
keyword : SAVI Models, Suggestions positive, Learning outcomes

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v4i1.7036

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :


Universitas Pendidikan Ganesha


Creative Commons License

Mimbar PGSD Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Mimbar PGSD Undiksha indexed by:

Akreditasi SINTA 5 Mimbar PGSD    Crossref



Creative Commons License

Mimbar PGSD Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.