PENGARUH MODEL KOOPERATIF TIPE TAPPS BERBANTUAN MEDIA KARTU KERJA TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD

Authors

  • Md. Ririn Praditha, Tjok Rai P., I Wyn. Widiana

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.704

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar IPA antara siswa yang dibelajarkan dengan model TAPPS berbantuan media kartu kerja dengan siswa yang dibelajarkan dengan model konvensional pada siswa kelas V SD. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan rancangan Non Equivalent Posttest Only Control Group Design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas V SD Gugus III Kecamatan Jembrana tahun pelajaran 2012/2013 dengan jumlah 208 orang siswa. Sampel penelitian ini yaitu siswa kelas V SD Negeri 3 Dauhwaru dan siswa kelas V SD Negeri 6 Dauhwaru yang berjumlah 68 orang. Data yang dianalisis adalah hasil belajar IPA yang dikumpulkan melalui tes objektif terdiri dari 30 butir soal. Data dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial dengan uji-t untuk menguji hipotesis penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan perolehan nilai rerata kelompok eksperimen berada pada kategori tinggi dan perolehan nilai rerata kelompok kontrol yang berada pada kategori sedang (eksperimen = 20,86 > kontrol = 16) dan hasil uji hipotesis menggunakan uji-t diperoleh thitung lebih besar dari ttabel (thitung = 5,46 >  ttabel = 1,996). Dengan demikian bahwa terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar IPA antara kelompok siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model TAPPS berbantuan kartu kerja dan kelompok siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model konvensional.

 

Kata-kata kunci: TAPPS, Kartu Kerja, Hasil Belajar

Downloads

Published

2013-01-08

How to Cite

I Wyn. Widiana, M. R. P. T. R. P. (2013). PENGARUH MODEL KOOPERATIF TIPE TAPPS BERBANTUAN MEDIA KARTU KERJA TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD. MIMBAR PGSD Undiksha, 1(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.704

Issue

Section

Articles