PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK BERBASIS KETERAMPILAN DASAR MENGAJAR UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PENGUASAAN KOMPETENSI PENGETAHUAN IPS

Ayu Galuh Pujawati ., Drs. I Wayan Sujana,S.Pd, M.Pd ., Dra. Ni Nyoman Ganing, M.Hum .

Abstract


Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk (1) meningkatkan aktivitas siswa melalui penerapan pendekatan saintifik berbasis keterampilan dasar mengajar pada siswa kelas V SD Negeri 2 Tonja tahun pelajaran 2015/2016 dan (2) meningkatkan penguasaan kompetensi pengetahuan IPS melalui penerapan pendekatan saintifik berbasis keterampilan dasar mengajar pada siswa kelas V SD Negeri 2 Tonja tahun pelajaran 2015/2016. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 2 Tonja yang berjumlah 32 orang. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi dan metode tes. Instrumen pengumpulan data aktivitas belajar yang digunakan adalah lembar observasi dan intrumen pengumpulan data penguasaan kompetensi pengetahuan IPS yang digunakan adalah tes objektif. Data dianalisis dengan menggunakan metode analisis statistik deskriptif dan metode analisis deskriptif kuantitatif.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) nilai rata-rata aktivitas belajar meningkat 17,06 dari X ̅ = 65,5 pada siklus I menjadi X ̅ = 82,56 pada siklus II, (2) nilai rata-rata penguasaan kompetensi pengetahuan IPS meningkat 14,62 dari X ̅ = 66,06 pada siklus I menjadi X ̅ = 80,68 pada siklus II, (3) ketuntasan klasikal penguasaan kompetensi pengetahuan IPS meningkat 46,88% dari 40,62% pada siklus I menjadi 87,5% pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan saintifik berbasis keterampilan dasar mengajar dapat meningkatkan aktivitas dan penguasaan kompetensi pengetahuan IPS pada siswa kelas V SD Negeri 2 Tonja tahun pelajaran 2015/2016.
Kata Kunci : pendekatan saintifik, keterampilan dasar mengajar, akivitas, pengetahuan IPS

This classroom action research aims to (1) increase the activity of students through the implementation of scientific based approach to teaching basic skills in fifth grade students of SDN 2 Tonja, academic year 2015/2016 (2) improve the competencies of IPS through the implementation of scientific based on basic teaching skills for fifth grade SDN 2 Tonja academic year 2015/2016. The subjects on this reaserch were 32 students of SDN 2 Tonja. There were two collection methods used in this research, the methods of observation and test methods. Learning activity data collection used observation form and data collection instrument IPS knowledge mastery of competence that are used the objektive test. The data analyzed by descriptive statistical analysis method and quantitative descriptive analysis method.
The results of this reserch show that (1) the average value of the learning activity increased 17.06 from X ̅ = 65.5 on first cycle become X ̅ = 82.56 on second cycle, (2) the average value of competence mastery of knowledge increased 14.62 from X ̅= 66.06 on first cycle become X ̅ = 80.68 on second cycle, (3) classical competence mastery of completeness IPS increased 46.88% from 40.62% on first cycle become 87.5% in the second cycles. Based on these results it can be concluded that the implementation of scientific based approach on teaching basic skills can increase the activity and competence mastery of IPS fifth grade student of SDN 2 Tonja academic year 2015/2016.
keyword : scientific approach, teaching basic skills, activities, knowledge IPS

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v4i1.7043

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :


Universitas Pendidikan Ganesha


Creative Commons License

Mimbar PGSD Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Mimbar PGSD Undiksha indexed by:

Akreditasi SINTA 5 Mimbar PGSD    Crossref



Creative Commons License

Mimbar PGSD Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.