PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL BERBASIS TRI HITA KARANA TERHADAP HASIL BELAJAR PKn DI SD

Authors

  • Luh Pt. Vony Hendriani, Gd. Raga, I Dw. Kade Tastra

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.705

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar PKn antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran Kontekstual berbasis Tri Hita Karana dengan siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran Group Investigation (GI). Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan desain post-test only control group design. Populasi penelitian ini adalah kelas V di Gugus X Kecamatan Buleleng tahun pelajaran 2012/2013 yang berjumlah 165  orang dengan sampel berjumlah 48 orang. Pengumpulan data hasil belajar siswa menggunakan metode tes dengan instrumen berbentuk tes pilihan ganda satu jawaban benar. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil penelitian menemukan bahwa: terdapat perbedaan hasil belajar PKn siswa di SD No.4 Kaliuntu yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran kontekstual berbasis Tri Hita Karana  dengan siswa di SD No.2 Kaliuntu yang dibelajarkan dengan model pembelajaran GI semester II tahun pelajaran 2012/2013 Kecamatan Buleleng Kabupaten Buleleng.

 

Kata-kata kunci:  kontekstual, tri hita karana, group investigation

 

Downloads

Published

2013-01-08

How to Cite

I Dw. Kade Tastra, L. P. V. H. G. R. (2013). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL BERBASIS TRI HITA KARANA TERHADAP HASIL BELAJAR PKn DI SD. MIMBAR PGSD Undiksha, 1(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.705

Issue

Section

Articles