KONTRIBUSI SIKAP ILMIAH DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SDN BANYUASRI KECAMATAN BULELENG, KABUPATEN BULELENG
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.709Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kontribusi: (1) sikap ilmiah terhadap hasil belajar, (2) minat belajar terhadap hasil belajar, (3) secara bersama-sama antara sikap ilmiah dan minat belajar terhadap hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam siswa kelas V SDN di Banyuasri Kecamatan Buleleng, Kabupaten Buleleng Tahun pelajaran 2012/2013.
Jenis penelitian ini adalah expost facto. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN di Banyuasri Kecamatan Buleleng, Kabupaten Buleleng Tahun pelajaran 2012/2013yang berjumlah 172 siswa. Sampel atau sensus dalam penelitian ini berjumlah 172 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode kuesioner untuk mengukur sikap ilmiahi dan minat belajar, dan metode pencatatan dokumen untuk mencatat hasil belajar IPA siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis regresi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Terdapat kontribusi yang signifikan sikap ilmiah terhadap hasil belajar siswa dengan kontribusi sebesar 18,84%. (2) Terdapat kontribusi yang signifikan minat belajar terhadap hasil belajar siswa dengan kontribusi sebesar 46,24%. (3) Secara bersama-sama terdapat kontribusi yang signifikan antara sikap ilmiah dan minat belajar terhadap hasil belajar siswa dengan kontribusi sebesar 47,06%. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa sikap ilmiah dan minat belajar sangat mempengaruhi hasil belajar IPA siswa.
Kata kunci: sikap ilmiah, minat belajar, dan hasil belajar.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Mimbar PGSD Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)