PENGARUH PENDEKATAN PAIKEM TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD NEGERI 2 LELATENG

Authors

  • Ni Md Yeni Purwandari, I Nym Arcana, Pt Nanci Riastini

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.711

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan pada hasil belajar IPA antara kelompok siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan pendekatan PAIKEM dengan kelompok siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi experimen dengan rancangan post-test only control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas V di SD Negeri 2 Lelateng. Sampel ditentukan melalui teknik random sampling, tetapi yang dirandom adalah kelas. Berdasarkan teknik tersebut, diperoleh kelas VA sebagai kelas eksperimen (dengan pendekatan PAIKEM) dan kelas VB sebagai kelas kontrol (dengan pembelajaran konvensional). Data yang dianalisis dalam penelitian ini adalah hasil belajar IPA ranah kognitif yang dikumpulkan melalui tes objektif pilihan ganda. Data dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial (uji-t). Hasil penelitian menunjukkan bahwa, terdapat perbedaan yang signifikan pada hasil belajar IPA siswa antara kelompok siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan pendekatan PAIKEM dengan kelompok siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. Hal ini dapat dilihat dari hasil uji hipotesis menggunakan uji-t, dengan thitung lebih besar dari ttabel (thitung = 3,95 > ttabel = 2,02). Rata-rata skor kelompok eksperimen adalah 16,86 dan rata-rata skor kelompok kontrol adalah 12,00. Dengan demikian, pendekatan PAIKEM berpengaruh terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V di SD Negeri 2 Lelateng Kecamatan Negara Kabupaten Jembrana tahun pelajaran 2012/2013.

 

Kata-kata kunci: pendekatan PAIKEM, hasil belajar.

Downloads

Published

2013-01-08

How to Cite

Pt Nanci Riastini, N. M. Y. P. I. N. A. (2013). PENGARUH PENDEKATAN PAIKEM TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD NEGERI 2 LELATENG. MIMBAR PGSD Undiksha, 1(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.711

Issue

Section

Articles