PENERAPAN TALKING STICK DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN PENGUASAAN KOMPETENSI PENGETAHUAN IPA

Authors

  • Ni Putu Linda Antari .
  • Drs. I Nengah Suadnyana,M.Pd .
  • DB.KT.NGR. Semara Putra,S.Pd., M.For. .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v4i1.7110

Abstract

Abstrak Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya keaktifan dan penguasaan kompetensi pengetahuan IPA siswa kelas VA SD Negeri 10 Pemecutan dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan ngan tahapan-tahapan kegiatan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Data penelitian tentang keaktifan dikumpulkan melalui observasi dan penguasaan kompetensi pengetahuan IPA dikumpulkan dengan tes. Tes yang digunakan adalah tes objektif pilihan ganda biasa berjumlah 20 soal. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan metode analisis statistik deskriptif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan pada siklus I rata-rata persentase keaktifan belajar siswa 75,87% tergolong dalam kriteria cukup aktif dan pada siklus II terjadi peningkatan sebesar 5,13% menjadi 81,00% tergolong dalam kriteria aktif. Peningkatan juga terjadi pada rata-rata persentase penguasaan kompetensi pengetahuan IPA, pada siklus I diperoleh 73,60% dengan ketuntasan klasikal 68,42% dan pada siklus II diperoleh rata-rata persentase penguasaan kompetensi pengetahuan IPA sebesar 82,71% tergolong dalam kriteria tinggi dengan ketuntasan klasikal 89,47%. Penguasaan kompetensi pengetahuan IPA pada siklus II mengalami peningkatan 9,11% dari siklus I dengan ketuntasan klasikal mengalami peningkatan 21,05% dari siklus I sehingga indikator keberhasilan telah tercapai. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan kompetensi pengetahuan IPA siswa kelas VA SD Negeri 10 Pemecutan tahun pelajaran 2015/2016.
Kata Kunci : talking stick, pendekatan saintifik, keaktifan, kompetensi pengetahuan IPA.

Abstract The background nce of students grade VA SD Negeri 10 Pemecutan in the learning process. This research aims to determine activity and comprehension of science competence of students grade VA SD Negeri 10 Pemecutan after the application of Talking Stick with the scientific approach. This cycles with the stage of activity including planning, implementation, observation, and reflection. Research data about students activity petence was collected by test. Test used was the multiple choice consisted of 20 questions. The collected data was analyzed by using the descriptive statistics and quantitative analysis method. The research results showed in first cycle the average percentage score activity of student learning was 75,87% with the criteria was active enough and in second cycle that was improvement of 5,43% to 81,00% was on the active criteria. The improvement also occured in the average percentage comprehension of science competence, in the first cycle obtained 73,60 % with the classical complete 67,42% and in the second cycle obtained the average percentage comprehension of science competence 81,71% the criteria was high with the classical complete was 89,47%. Comprehension of science competence in the second cycle % from the first cycle therefore that indicators success had been reached. Based on this research, it can be concluded that the implementation of talking stick with the scientific approach can increase activity and comprehension of science competence students grade VA SD Negeri 10 Pemecutan Academic Year 2015/2016.
keyword : talking stick, scientific approach, activity, comprehension of science competence.

Published

2016-06-22

How to Cite

., N. P. L. A., ., D. I. N. S., & ., D. S. P. M. (2016). PENERAPAN TALKING STICK DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN PENGUASAAN KOMPETENSI PENGETAHUAN IPA . MIMBAR PGSD Undiksha, 4(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v4i1.7110

Issue

Section

Articles