PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PDEODE TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SD DI GUGUS V KECAMATAN SERIRIT

Authors

  • Nym. Sudarmi, Ni Kt. Suarni, I Kt. Dibia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.712

Abstract

Abstrak

Kegiatan pembelajaran yang dilakukan oleh guru di sekolah selama ini masih di dominasi oleh metode ceramah yang merupakan salah satu karakteristik model pengajaran langsung. Model pengajaran  langsung menyebabkan siswa pasif dalam kegiatan pembelajaran sehingga berdampak pada belum tercapainya hasil belajar yang optimal. Berdasarkan permasalahan tersebut maka tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar IPA antara kelompok siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran PDEODE dengan kelompok siswa yang dibelajarkan menggunakan model pengajaran langsung pada siswa kelas IV semester genap tahun pelajaran 2012/2013 di SD Gugus V Kecamatan Seririt Kabupaten Buleleng. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (quasi eksperiment) dengan rancangan non-equivalent post test only control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Gugus V kecamatan Seririt tahun pelajaran 2012/2013 yang berjumlah 133 orang. Dua kelas dipilih sebagai sampel dengan teknik random sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tes hasil belajar IPA. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial uji-t. Rata-rata hasil belajar IPA siswa kelompok eksperimen adalah 24,16 sedangkan rata-rata hasil belajar IPA siswa kelompok kontrol adalah 20,36. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar IPA antara siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran PDEODE dan siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model pengajaran langsung (thitung = 3,363; ttabel = 2,021 sehingga thiung > ttabel). Adanya perbedaan ini menunjukkan bahwa pembelajaran menggunakan model pembelajaran PDEODE berpengaruh terhadap hasil belajar IPA.

 

Kata kunci: model pembelajaran PDEODE, model pengajaran langsung,  hasil belajar

Downloads

Published

2013-01-08

How to Cite

I Kt. Dibia, N. S. N. K. S. (2013). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PDEODE TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SD DI GUGUS V KECAMATAN SERIRIT. MIMBAR PGSD Undiksha, 1(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.712

Issue

Section

Articles