PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK BERBANTUAN MEDIA POSTER DAPAT MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA DALAM BAHASA INDONESIA TEMA CITA-CITAKU

Authors

  • Kadek Wijayanti .
  • Dr. M.G. Rini Kristiantari,M.Pd .
  • Drs. Ida Bagus Surya Manuaba,S.Pd., M.Fo .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v4i1.7154

Abstract

Penelitian ini bertujuan meningkatkan keterampilan berbicara dalam bahasa Indonesia tema cita-citaku melalui penerapan pendekatan saintifik berbantuan media poster pada siswa kelas IVB SD Negeri 27 Pemecutan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, dan subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IVB SD Negeri 27 Pemecutan yang berjumlah 39 siswa. Data keterampilan berbicara dalam bahasa Indonesia dikumpulkan menggunakan metode tes yakni tes lisan. Data yang didapatkan dianalisis dengan metode analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keterampilan berbicara dalam bahasa Indonesia siswa setelah diterapkannya pendekatan saintifik berbantuan media poster. Pada siklus I ketuntasan klasikal keterampilan berbicara dalam bahasa Indonesia siswa hanya mencapai 66,67% yakni dari 39 siswa terdapat 13 siswa mendapatkan predikat A-, 13 siswa mendapatkan predikat B+, 10 siswa mendapatkan predikat B, dan 3 siswa mendapatkan predikat B-. Pada siklus II diperoleh ketuntasan klasikal keterampilan berbicara dalam bahasa Indonesia siswa sebesar 79,49% yakni dari 39 siswa terdapat 22 siswa mendapatkan predikat A-, 9 siswa mendapatkan predikat B+, 4 siswa mendapatkan predikat B, dan 4 siswa mendapatkan predikat B-. Dari hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan saintifik berbantuan media poster dapat meningkatkan keterampilan berbicara dalam bahasa Indonesia tema cita-citaku siswa kelas IVB SD Negeri 27 Pemecutan.
Kata Kunci : saintifik, media poster, keterampilan berbicara

This research aims to improve speaking skills in Indonesian theme cita-citaku through the application of scientific approach to media assisted poster of IVB students of SD Negeri 27 Pemecutan. This type of research is the classroom action research, and subjects in this study were 39 students IVB of SD Negeri 27 Pemecutan. The data of the speaking skills in Indonesian were collected by using the oral test method. The data obtained were analyzed by using descriptive statistical analysis techniques . The results showed an increase in Indonesian speaking skills of students after the implementation of the scientific approach by using poster media. The first cycle of classical completeness speaking skills in the Indonesian language from 39 students tthey only reached 66,67%, in which 13 students got A-, 13 students got B+, 10 students got B, and 3 students got B-. Main while in the second cycle obtained classical completeness Indonesian speaking skills in the students by 79,49%, in which from 39 students there 22 students got A-, 9 students got B+, 4 students got B, and 4 students got B-. Based on the research result, it can be concluded that the application of a scientific approach by using poster media can improve speaking skills in Indonesian in the theme of cita-citaku for IVB students of SD Negeri 27 Pemecutan.
keyword : scientific, poster media, speaking skills

Published

2016-06-23

How to Cite

., K. W., ., D. M. R. K., & ., D. I. B. S. M. M. (2016). PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK BERBANTUAN MEDIA POSTER DAPAT MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA DALAM BAHASA INDONESIA TEMA CITA-CITAKU . MIMBAR PGSD Undiksha, 4(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v4i1.7154

Issue

Section

Articles