PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TPS BERBANTUAN MEDIA PERMAINAN TRADISIONAL BALI TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP IPA SISWA KELAS IV SD GUGUS IV SAWAN
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.716Abstract
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan pada pemahaman konsep IPA antara siswa yang belajar melalui pembelajaran dengan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) berbantuan media permainan tradisional Bali dan siswa yang belajar dengan pembelajaran konvensional pada siswa kelas IV Sekolah Dasar di Gugus IV Kecamatan Sawan tahun pelajaran 2012/2013. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan rancangan post test only control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas IV SD di Gugus IV Kecamatan Sawan tahun pelajaran 2012/2013, yang terdiri dari 8 kelas dengan jumlah populasi 205 siswa. Sampel diambil dengan cara simple random sampling melalui teknik undian, tetapi yang diundi adalah kelas. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes pemahaman konsep IPA. Data dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan Independent Sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pada pemahaman konsep IPA antara siswa yang belajar dengan model pembelajaran TPS berbantuan media permainan tradisional Bali dan siswa yang belajar dengan pembelajaran konvensional. Besarnya thit adalah 18,78, sedangkan ttab dengan taraf signifikansi 5% dan db = 96 adalah 1,990. Hal ini berarti, thit lebih besar dari ttab (thit > ttab). Di samping itu, rata-rata skor pemahaman konsep IPA siswa yang belajar dengan model pembelajaran TPS berbantuan media permaianan tradisional Bali (32,26) lebih tinggi dari pada siswa yang belajar dengan model pembelajaran konvensional (12,20). Dengan demikian, model pembelajaran TPS berbantuan media permainan tradisional Bali berpengaruh terhadap pemahaman konsep IPA pada siswa kelas IV di Gugus IV Kecamatan Sawan tahun pelajaran 2012/2013. Kata kunci: TPS, permainan tradisional, pemahaman konsep.Downloads
Published
2013-01-08
How to Cite
Pt. Nanci Riastini, C. S. W. M. S. (2013). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TPS BERBANTUAN MEDIA PERMAINAN TRADISIONAL BALI TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP IPA SISWA KELAS IV SD GUGUS IV SAWAN. MIMBAR PGSD Undiksha, 1(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.716
Issue
Section
Articles
License
Authors who publish with the Mimbar PGSD Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)