PENERAPAN MODEL INKUIRI BERBANTUAN MEDIA VISUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IVA SDN 3 UBUNG

Ni Putu Tina Trisnawati ., Drs. I Komang Ngurah Wiyasa, M.Kes. ., Drs. Made Putra, M.Pd .

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS melalui penerapan model pembelajaran inkuiri berbantuan media visual siswa kelas IVA SDN 3 Ubung Denpasar tahun ajaran 2015/2016. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas IVA SDN 3 Ubung sebanyak 34 orang, yang terdiri dari 19 siswa perempuan dan 15 siswa laki – laki. Pengumpulan data dilakukan dengan metode tes untuk mengetahui penguasaan kompetensi pengetahuan dan metode observasi untuk mengamati sikap dan keterampilan siswa. Data hasil belajar IPS dianalisis menggunakan metode analisis deskriptif kuantitatif dan analisis deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan persentase rerata penguasaan kompetensi pengetahuan IPS sebesar 7,90% dari 79,35% dengan predikat B pada siklus I menjadi 87,25% dengan predikat B+ pada siklus II. Selanjutnya peningkatan ketuntasan klasikal 14,70% dari 82,35% pada siklus I menjadi 97,05% pada siklus II. Hasil penelitian kompetensi keterampilan menunjukkan adanya peningkatan kuantitas siswa yang memenuhi indikator kompetensi keterampilan IPS. Kemudian secara umum data hasil belajar kompetensi sikap dalam belajar IPS menunjukkan seluruh siswa memiliki sikap yang baik dan bertambahnya kuantitas siswa yang memenuhi indikator kompetensi sikap dalam belajar IPS. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan model inkuiri berbantuan media visual terbukti dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas IVA SDN 3 Ubung Denpasar.
Kata Kunci : model inkuiri, media visual, hasil belajar IPS

This research aims to increase social study learning outcomes through inquiry learning model assisted visual media on IVA grade students of SDN 3 Ubung Denpasar in academic year 2015/2016. This study used a classroom action research which conducted in two cycles. Each cycle consists of four phases: planning, implementation, observation, and reflection. The subject was IV A grade students in SDN 3 Ubung Denpasar that included 34 students which consist of 19 female and 15 male. Data collection was done by test method to determine the competency mastery of knowledge and observation method to observe the attitudes and skills of students. Social study learning outcomes data were analyzed using quantitative descriptive analysis and qualitative descriptive analysis. The result showed there was an enhancement in the mean percentage of knowledge mastery competency in social study by 7.90% from 79.35% as predicate B on the first cycle became 87.25% as predicate B+ on the second cycle. Further, improvement of classical completeness by 14.70% from 82.35% in the first cycle became 97.05% in the second cycle. Results of the study showed an increased skill competencies quantity of students who meet the skills competency indicators IPS. Then the general attitude data result of learning competencies in social studies shows all the students have a good attitude and increased quantity of students who meet the competency indicators of attitudes in social studies. Based on the results of data analysis can be concluded that through the application of visual media -aided inquiry model is proven to improve learning outcomes IVA IPS graders of SDN 3 Ubung Denpasar.
keyword : Inquiry Model, Visual Media, Social Study Learning Outcome

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v4i1.7160

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :


Universitas Pendidikan Ganesha


Creative Commons License

Mimbar PGSD Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Mimbar PGSD Undiksha indexed by:

Akreditasi SINTA 5 Mimbar PGSD    Crossref



Creative Commons License

Mimbar PGSD Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.