PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN MEDIA KONKRET DAPAT MENINGKATKAN PENGUASAAN KOMPETENSI PENGETAHUAN MATEMATIKA

Authors

  • Ni Made Putri Andriaswari .
  • Drs. I Gusti Agung Oka Negara,S.Pd. M.Ke .
  • Drs. I Wayan Wiarta, S.Pd., M.For. .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v4i1.7164

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan penguasaan kompetensi pengetahuan matematika siswa melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantuan media konkret pada siswa kelas VB di SD Negeri 10 Pemecutan. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VB di SD Negeri 10 Pemecutan yang berjumlah 39 siswa. Metode pengumpulan data penguasaan kompetensi pengetahuan matematika menggunakan metode tes. Data dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif dan metode analisis deskriptif kuantitatif. Setelah dilakukan analisis data, hasilnya menunjukkan bahwa persentase keberhasilan kompetensi pengetahuan matematika mengalami peningkatan sebesar 58,96% yaitu pada siklus I persentase keberhasilan penguasaan kompetensi pengetahuan 25,65% atau 10 siswa dari 39 siswa mendapat nilai ≥ 3,18 (B+) dan pada siklus II mencapai 84,61% atau 33 siswa dari 39 siswa mendapat nilai ≥ 3,18 (B+). Sehingga kriteria keberhasilan dapat dicapai. Jadi, dapat disimpulkan penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantuan media konkret dapat meningkatkan penguasaan kompetensi pengetahuan matematka siswa kelas VB SD Negeri 10 Pemecutan Kecamatan Denpasar Barat.
Kata Kunci : problem based learning, konkret, matematika.

The purpose of this research is to improve mastery of mathematics knowledge competency of students through the implementation of Problem Based Learning (PBL) model with concrete media in VB grade at SD Negeri 10 Pemecutan. This research is using design of Classroom Action Research which was done in two cycles. These research is involving 39 students. The data collecting method used essay test for mastery of mathematics knowledge competency. Data were analyzed using descriptive statistics and quantitative descriptive analysis method. After doing the analyzed, the results showed that the percentage of successful of mastery of mathematics knowledge competency also increased by 58.96% in the first cycle which is the percentage of successful mastery of mathematics knowledge competency 25.65% or 10 students from 39 students scored ≥ 3.18 (B +) and the second cycle reaches 84.61% or 33 students from 39 students scored ≥ 3.18 (B +). Because of that the success criteria can be achieved. And than, it can be concluded the implementation of Problem Based Learning (PBL) model with concrete media can improve the activity knowledge and mastery of mathematics knowledge competency on VB grade students of SD Negeri 10 Pemecutan Denpasar Barat.
keyword : problem based learning, concrete, mathematics

Published

2016-06-23

How to Cite

., N. M. P. A., ., D. I. G. A. O. N. M., & ., D. I. W. W. S. M. (2016). PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN MEDIA KONKRET DAPAT MENINGKATKAN PENGUASAAN KOMPETENSI PENGETAHUAN MATEMATIKA . MIMBAR PGSD Undiksha, 4(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v4i1.7164

Issue

Section

Articles