PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN EXPERIENTIAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPA DI KELAS V SD KELURAHAN KALIUNTU
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.718Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan prestasi belajar IPA antara siswa yang mengikuti pembelajaran model experiential dengan siswa yang mengikuti pembelajaran dengan pembelajaran konvensional. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri Kelurahan Kaliuntu Kabupaten Buleleng Tahun Pelajaran 2012/2013 yang berjumlah 107 orang. Sampel kelas dari penelitian ini yaitu siswa kelas V SD No. 3 Kaliuntu sebanyak 27 orang sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas V SD No. 2 Kaliuntu sebanyak 22 orang sebagai kelas kontrol. Tehnik pengambilan sampel adalah tehnik random sampling, tetapi yang dirandom adalah kelas. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu, dengan desain Non-equivalent post-test only control group design. Data prestasi belajar IPA dikumpulkan menggunakan metode tes dengan instrumen berupa tes pilihan ganda. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial dengan uji-t untuk menguji hipotesis penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan prestasi belajar IPA antara kelompok siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran experiential dengan kelompok siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran konvensional pada siswa kelas V SD No.3 dan 2 Kaliuntu Kecamatan Buleleng. Perbedaan tersebut dilihat dari skor prestasi belajar IPA siswa diperoleh hasil thitung sebesar 3,98 sedangkan, ttabel dengan db = 47 pada taraf signifikansi 5% adalah 2,01. Hasil perhitungan tersebut menunjukkan bahwa thitung lebih besar dari ttabel (3,98 > 2,01). Dengan demikian model pembelajaran experiential berpengaruh terhadap prestasi belajar IPA pada siswa kelas V SD Negeri Kaliuntu tahun pelajaran 2012/2013.
Kata kunci: model pembelajaran experiential, prestasi belajar
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Mimbar PGSD Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)