PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN VCT BERBANTUAN MEDIA POWER POINT TERHADAP HASIL BELAJAR PKN SISWA KELAS V SD GUGUS V KECAMATAN BULELENG
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.719Abstract
Abstrak
Pembelajaran PKn tanpa pemahaman dan pemaknaan menyebabkan hasil belajar siswa rendah. Guna mengatasi masalah tersebut dilakukan penelitian dengan tujuan untuk mengetahui: 1) deskripsi hasil belajar PKn siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional, 2) deskripsi hasil belajar PKn siswa yang mengikuti model pembelajaran VCT (Value Clarification Technique) berbantuan media power point, 3) perbedaan hasil belajar PKn antara siswa yang mengikuti model pembelajaran VCT berbantuan media power point dan siswa yang mengikuti pembelajaran model konvensional. Penelitian ini menggunakan quasi eksperimen dengan rancangan Nonequivalent Posttest Only Control Group Design. Sampel penelitian berjumlah 60 siswa. Data hasil belajar PKn dikumpulkan dengan menggunakan instrument tes berbentuk pilihan ganda. Data dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif dan inferensial (uji-t). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) hasil belajar PKn kelompok siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional menunjukkan skor rata-rata cenderung rendah; 2) hasil belajar PKn kelompok siswa dengan model pembelajaran VCT berbantuan media power point menunjukkan skor rata-rata cenderung tinggi; 3) terdapat perbedaan signifikan hasil belajar PKn antara siswa yang mengikuti model pembelajaran VCT berbantuan media power point dan siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional. Artinya adalah model pembelajaran VCT berbantuan media power point berpengaruh positif terhadap hasil belajar PKn siswa kelas V di Gugus V Kecamatan Buleleng.
Kata-kata kunci: model pembelajaran VCT, power point, hasil belajar
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Mimbar PGSD Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)