PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN VCT BERBANTUAN MEDIA POWER POINT TERHADAP HASIL BELAJAR PKN SISWA KELAS V SD GUGUS V KECAMATAN BULELENG

Authors

  • Ni Pt. Sri Yuliasari, A.A. Gd. Agung, Ign. I Wyn. Suwatra

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.719

Abstract

Abstrak

Pembelajaran PKn tanpa pemahaman dan pemaknaan menyebabkan hasil belajar siswa rendah. Guna mengatasi masalah tersebut dilakukan penelitian dengan tujuan untuk mengetahui: 1) deskripsi hasil belajar PKn siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional, 2) deskripsi hasil belajar PKn siswa yang mengikuti model pembelajaran VCT (Value Clarification Technique) berbantuan media power point, 3) perbedaan hasil belajar PKn antara siswa yang mengikuti model pembelajaran VCT  berbantuan media power point dan siswa yang mengikuti pembelajaran model konvensional. Penelitian ini menggunakan quasi eksperimen dengan rancangan Nonequivalent Posttest Only Control Group Design. Sampel penelitian berjumlah 60 siswa. Data hasil belajar PKn dikumpulkan dengan menggunakan instrument tes berbentuk pilihan ganda. Data dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif dan inferensial (uji-t). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) hasil belajar PKn kelompok siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional menunjukkan skor rata-rata cenderung rendah; 2) hasil belajar PKn kelompok siswa dengan model pembelajaran VCT berbantuan media power point menunjukkan skor rata-rata cenderung tinggi; 3) terdapat perbedaan signifikan hasil belajar PKn antara siswa yang mengikuti model pembelajaran VCT berbantuan media power point dan siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional. Artinya adalah model pembelajaran VCT berbantuan media power point berpengaruh positif terhadap hasil belajar PKn siswa kelas V di Gugus V Kecamatan Buleleng.

 

Kata-kata kunci: model pembelajaran VCT, power point, hasil belajar

Downloads

Published

2013-01-08

How to Cite

Ign. I Wyn. Suwatra, N. P. S. Y. A. G. A. (2013). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN VCT BERBANTUAN MEDIA POWER POINT TERHADAP HASIL BELAJAR PKN SISWA KELAS V SD GUGUS V KECAMATAN BULELENG. MIMBAR PGSD Undiksha, 1(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.719

Issue

Section

Articles