IMPLEMENTASI PBL BERBANTUAN MEDIA AUDIOVISUAL DAPAT MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN PENGUASAAN KOMPETENSI PENGETAHUAN IPS SISWA KELAS IV

Authors

  • Ni Luh Putu Lindya Dewi .
  • Drs. I Komang Ngurah Wiyasa, M.Kes. .
  • Drs. I Wayan Wiarta, S.Pd., M.For. .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v4i1.7194

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan penguasaan kompetensi pengetahuan IPS siswa kelas IV SD Negeri 19 Pemecutan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan di SDN 19 Pemecutan pada tema cita-citaku kelas IV semester II tahun ajaran 2015/2016, yaitu antara bulan Februari sampai bulan Maret tahun 2016. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV di SDN 19 Pemecutan yang terdiri dari 37 siswa. Pengumpulan data penguasaan kompetensi pengetahuan IPS dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode tes berbentuk esai dan data keaktifan belajar menggunakan metode non tes yaitu dengan rubrik penilaian keaktifan belajar. Data penelitian dianalisis dengan teknik analisis statistik deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan keaktifan belajar dan penguasaan kompetensi pengetahuan IPS dari siklus I ke siklus II dengan rincian sebagai berikut: (1) Rata-rata kelas keaktifan belajar siswa pada siklus I sebesar 75,60% atau 28 siswa dari 37 siswa dan pada siklus II menjadi 84,74% atau 31 siswa dari 37 siswa mendapat nilai minimal 80 (Aktif) dengan peningkatan sebesar 9,14%; (2) Rata-rata kelas penguasaan kompetensi pengetahuan IPS siswa pada siklus I sebesar 16,22% atau 6 siswa dari 37 siswa dan pada siklus II menjadi 62,16% atau 23 siswa dari 37 siswa dengan peningkatan sebesar 45,94%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa implementasi model problem based learning berbantuan media audiovisual dapat meningkatkan keaktifan dan penguasaan kompetensi pengetahuan IPS siswa kelas IV SD Negeri 19 Pemecutan Tahun Ajaran 2015/2016.
Kata Kunci : model problem based learning,keaktifan belajar,penguasaan kompetensi pengetahuan IPS

This research aims to investigate the implementation of problem based learning models assisted by audiovisual media to enhance the activity and competence mastery of knowledge social learning fourth grade students of SD Negeri 19 Pemecutan the Academic Year 2015/2016. This research is a classroom action research (PTK) held at SDN 19 Pemecutan on the theme of my ideals fourth grade second semester of the 2015/2016 academic year, between February and March 2016. The subject of this study is the fourth grade students at SDN 19 Pemecutan which consists of 37 students. The data collection social learning knowledge mastery of competencies in this study using the test method description and data-shaped learning activeness using non-test method is by learning activeness assessment rubric. Data were analyzed with descriptive statistical analysis techniques both quantitative and qualitative descriptive. The results showed that an increase in activity and competence mastery of knowledge social learning from the first cycle to the second cycle with the details as follows: (1) Mean grade activeness of students in the first cycle of 75,60% or 28 students out of 37 students and the cycle II became 84,74% or 31 students out of 37 students minimum scored 80 (active) with an increase of 9,14%; (2) The mean grade IPS students' mastery of competencies of knowledge in the first cycle of 16.22% or 6 students from 37 students and the second cycle into 62.16% or 23 students out of 37 students with an increase of 45.94%. It can be concluded that the implementation of the model problem based learning assisted by audiovisual media can enhance the activity of IPS knowledge and mastery of competencies fourth grade students of SD Negeri 19 acceleration in the school year 2015/2016.
keyword : problem based learning models, activity of learning, competency mastery of knowledge social learning

Published

2016-06-24

How to Cite

., N. L. P. L. D., ., D. I. K. N. W. M., & ., D. I. W. W. S. M. (2016). IMPLEMENTASI PBL BERBANTUAN MEDIA AUDIOVISUAL DAPAT MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN PENGUASAAN KOMPETENSI PENGETAHUAN IPS SISWA KELAS IV . MIMBAR PGSD Undiksha, 4(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v4i1.7194

Issue

Section

Articles