PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GENERATIF BERBANTUAN LKS SEBAGAI SUMBER BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V

Authors

  • Pd. Kd. Dwi Pranata, I Md. Suarjana, I Wyn. Sudiana

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.720

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar matematika antara kelompok siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran generatif berbantuan LKS sebagai sumber belajar dengan kelompok siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran konvensional pada siswa kelas V semester 2 di gugus X Kecamatan Buleleng Kabupaten Buleleng tahun pelajaran 2012/2013. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan menggunakan rancangan “Posttest-Only Control Design”. Populasi penelitian ini adalah semua kelas V SD di gugus X Kecamatan Buleleng Kabupaten Buleleng sejumlah enam kelas. Sampel dipilih sebanyak dua kelas dengan menggunakan teknik “simple random sampling”. Data penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan metode tes, yaitu tes pilihan ganda. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial yaitu uji-t. Hasil analisis menunjukan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan prestasi belajar matematika antara siswa yang mengikuti proses pembelajaran menggunakan model pembelajaran generatif berbantuan LKS dengan siswa yang mengikuti proses pembelajaran menggunakan model pembelajaran konvensional. Prestasi belajar matematika siswa yang mengikuti proses pembelajaran menggunakan model pembelajaran generatif berbantuan LKS tergolong tinggi dengan rata-rata 14,19, sedangkan siswa yang mengikuti proses pembelajaran menggunakan model pembelajaran konvensional tergolong sedang dengan rata-rata 10,89. Ini berarti ada pengaruh model pembelajaran generatif berbantuan LKS sebagai sumber belajar terhadap prestasi belajar matematika.

 

Kata-kata kunci: model pembelajaran generatif, LKS, prestasi belajar

Downloads

Published

2013-01-08

How to Cite

I Wyn. Sudiana, P. K. D. P. I. M. S. (2013). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GENERATIF BERBANTUAN LKS SEBAGAI SUMBER BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V. MIMBAR PGSD Undiksha, 1(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.720

Issue

Section

Articles