PENGARUH STRATEGI REACT BERBANTUAN LINGKUNGAN SEBAGAI SUMBER BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPA KELAS V DI GUGUS XIII KECAMATAN BULELENG
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.721Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar IPA antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan strategi REACT berbantuan lingkungan sebagai sumber belajar dan siswa yang mengikuti pembelajaran dengan pengajaran langsung pada siswa kelas V SD tahun ajaran 2012/2013 di gugus XIII Kecamatan Buleleng. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD di Gugus XIII Kecamatan Buleleng tahun pelajaran 2012/2013 yang berjumlah 173 siswa. Sampel penelitian ini yaitu siswa kelas V SD No. 2 Banjar Tegal yang berjumlah 26 siswa dan siswa kelas V SD No. 3 Banjar Tegal yang berjumlah 30 siswa. Data hasil belajar dikumpulkan dengan menggunakan tes pilihan ganda. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial yaitu uji-t. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar IPA antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan strategi REACT berbantuan lingkungan sebagai sumber belajar dan siswa yang mengikuti pembelajaran dengan pengajaran langsung pada siswa kelas V SD tahun pelajaran 2012/2013 di Gugus XIII Kecamatan Buleleng. Perbandingan perhitungan rata-rata hasil belajar IPA yang mengikuti pembelajaran dengan strategi REACT berbantuan lingkungan sebagai sumber belajar adalah 26,62 lebih besar dari rata-rata hasil belajar IPA siswa yang mengikuti pembelajaran denga pengajaran langsung sebesar 20,50.
Kata kunci: strategi REACT, lingkungan, hasil belajar
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Mimbar PGSD Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)