PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT BERBANTUAN MEDIA FLIP CHART TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.723Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan (1) mendeskripsikan hasil belajar IPA siswa yang belajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) berbantuan media flip chart, (2) mendeskripsikan hasil belajar IPA siswa yang belajar dengan model pembelajaran konvensional, dan (3) mengetahui perbedaan hasil belajar IPA siswa yang belajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe NHT berbantuan media flip chart dan siswa yang belajar model pembelajaran konvensional pada siswa kelas V SD di Gugus I kecamatan Buleleng kabupaten Buleleng tahun pelajaran 2012/2013. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD di Gugus I kecamatan Buleleng kabupaten Buleleng tahun pelajaran 2012/2013 yang berjumlah 243 orang. Sampel penelitian diambil dengan teknik random sampling. Sampel yang diambil adalah 63 orang. Data dikumpulkan menggunakan instrumen tes, selanjutnya dianalisis dengan analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial dengan teknik uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) deskripsi data dengan model pembelajaran kooperatif tipe NHT berbantuan media flip chart berada pada kategori tinggi, (2) dengan model pembelajaran konvensional berada pada kategori sedang, dan (3) terdapat perbedaan hasil belajar IPA siswa yang belajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe NHT berbantuan media flip chart dan yang belajar dengan model pembelajaran konvensional dengan thitung 39,11>ttabel 1,671. Hal ini membuktikan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe NHT berbantuan media flip chart berpengaruh positif terhadap peningkatan hasil belajar IPA siswa SD.
Kata kunci: model NHT, media flip chart
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Mimbar PGSD Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)