*PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DALAM PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA

R Ayu Sumina Putri ., Drs. I Ketut Adnyana Putra,M.Pd ., Ida Bagus Gede Surya Abadi, SE., M.Pd .

Abstract


Penelitian ini bertujuan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia (keterampilan menulis) siswa melalui penerapan pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dalam pendekatan saintifik siswa kelas IV SDN 6 Ubung. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV semester 2 yang berjumlah 27 orang siswa. Objek penelitian ini adalah Hasil belajar Bahasa Indonesia (keterampilan menulis) siswa kelas IV SDN 6 Ubung , melalui model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dengan pendekatan saitifik
Hasil penelitian ini menunjukkan terjadinya peningkatan keterampilan menulis melalui penerapan pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dalam pendekatan saintifik siswa kelas IV SDN 6 Ubung. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari skor rata-rata siklus yaitu siklus I 62,96 dan siklus II 85,77. Jika keterampilan menulis dikonversikan ke dalam PAP skala lima, skor rata-rata awal yang diproleh siswa yaitu pada siklus I sebesar 62,96% berada pada rentang 60%-74% dengan kriteria sedang, dan siklus II sebesar 85,77% berada pada rentang 85%-100% dengan kriteria sangat tinggi. Berdasarkan hasil penelitian ini maka dapat disimpulkan bahwa Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Dalam Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas IV Sdn 6 Ubung Tahun Ajaran 2015/2016 dapat meningkat.
Kata Kunci : Hasil Belajar, keterampilan menulis, kooperatif tipe jigsaw, pendekatan saintifik

*This research was aimed to improve the Study Result of Indonesian Language (writing abilities) of students through cooperative study type jigsaw through scientific approach for students class IV SDN 6 Ubung. The type of research utilized was Class Activity Research (PTK) which were conducted in two cycles. Subject of this research was the study result collected from 27 students class IV semester 2. The object of this research was the result of Indonesian Language study (writing abilities) from students class IV SDN 6 Ubung, through cooperative study mode, jigsaw type and through scientific approach.
The result of this study showed improvement of writing abilities through the utilization of cooperative study type jigsaw in scientific approach students class IV SDN 6 Ubung. Such improvement can be evaluated through average score of each cycles whereas cycle I showed 62,96 and cycle II showed 85,77. If the writing ability was converted to PAP scale five, initial score acquired by students in cycle I which is 62,96% and belong within 60%-74% range classified as average criteria, whereas on the other hand cycle II showed 85,77% which fell under the range of 85%-100% and belong in the ‘extremely high’ criteria. Based on the results of this study it can be concluded that the adoption of Jigsaw Cooperative Learning In The Scientific Approach To Improve Learning Outcomes Indonesian Student Class IV Sdn 6 Ubung Academic Year 2015/2016 can be increased
keyword : *Indonesian Language study, cooperative jigsaw type, scientific approach

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v4i1.7240

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :


Universitas Pendidikan Ganesha


Creative Commons License

Mimbar PGSD Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Mimbar PGSD Undiksha indexed by:

Akreditasi SINTA 5 Mimbar PGSD    Crossref



Creative Commons License

Mimbar PGSD Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.