PENGARUH METODE RESITASI TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPA SISWA KELAS IV PADA SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2012/2013 SD DI DESA SINABUN KECAMATAN SAWAN KABUPATEN BULELENG
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.727Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) deskripsi prestasi belajar siswa yang belajar dengan metode resitasi,(2) deskripsi prestasi belajar siswa yang belajar dengan metode ekspositorii, dan (3) perbedaan yang signifikan prestasi belajar siswa antara penggunaan metode resitasi dengan penggunaan metode konvensional dalam pembelajaran IPA kelas IV SD di desa Sinabun. Penelitian ini tergolong eksperimen semu (quasi eksperiment) dengan desain Posttest-Only Control Group Design. Populasi penelitian adalah siswa kelas IV SD di desa Sinabun sebanyak 96 orang, dan sampel sebanyak 63 orang yang diambil secara random. Data tentang prestasi belajar siswa dikumpulkandengan tes. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan teknik analisis deskriptif dan uji t.Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan prestasi belajar antara kelompok siswa yang belajar dengan menggunakan metode resitasi dan kelompok siswa yang belajar dengan menggunakan metode konvensional pada mata pelajaran IPA siswa kelas IV pada semester genap tahun pelajaran 2012/2013 SD di Desa Sinabun Kecamatan Sawan Kabupaten Buleleng. Hal ini ditunjukkan oleh Fhitung 4,522 > Ftabel 1,693.Skor rata-rata yang diperoleh antara siswa yang belajar menggunakan metode resitasi yaitu 20,91 yang berada pada kategori tinggi dan siswa yang belajar menggunakan metode konvensional yaitu 16,84 yang berada pada kategori sedang.Hal itu berarti metode resitasi menunjukan prestasi belajar yang lebih baik daripada metode konvensional.
Kata-kata kunci : metode resitasi, metode konvensional, prestasi belajar.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Mimbar PGSD Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)