PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MEANS-ENDS ANALYSIS (MEA) DENGAN SETTING BELAJAR KELOMPOK TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS IV SD
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.728Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan kualitas hasil belajar matematika siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model MEA dengan setting belajar kelompok. (2) mendeskripsikan kualitas hasil belajar matematika siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model konvensional. (3) mengetahui perbedaan hasil belajar matematika antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model MEA dengan setting belajar kelompok dan siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model konvensional. Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen. Populasi penelitian berjumlah 145 orang. Sampel penelitian ini yaitu siswa kelas IV SD No. 1 Nagasepaha yang berjumlah 35 orang dan siswa kelas IV SD No. 2 Sari Mekar yang berjumlah 27 orang. Data hasil belajar matematika siswa dikumpulkan dengan instrumen tes berbentuk pilihan ganda. Data yang dikumpulkan dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif dan uji-t. Hasil penelitian ini menemukan bahwa: (1) kualitas hasil belajar matematika siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model MEA dengan setting belajar kelompok tergolong sangat tinggi dengan rata-rata (M) 23,66. (2) kualitas hasil belajar matematika siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model konvensional tergolong tinggi dengan rata-rata (M) 20,56. (3) terdapat perbedaan yang signifikan antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model MEA dengan setting belajar kelompok dan siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model konvensional (thitung > ttabel, thitung = 23,85 dan ttabel = 2,000).
Kata kunci: Model Pembelajaran MEA, setting belajar kelompok, hasil belajar matematika
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Mimbar PGSD Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)