PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MEANS-ENDS ANALYSIS (MEA) DENGAN SETTING BELAJAR KELOMPOK TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS IV SD

Authors

  • Ni Pt. Ari Kusumayanti, Nym. Dantes, I Nym. Arcana

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.728

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan kualitas hasil belajar matematika siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model MEA dengan setting belajar kelompok. (2) mendeskripsikan kualitas hasil belajar matematika siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model konvensional. (3) mengetahui perbedaan hasil belajar matematika antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model MEA dengan setting belajar kelompok dan siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model konvensional. Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen. Populasi penelitian berjumlah 145 orang. Sampel penelitian ini yaitu siswa kelas IV SD No. 1 Nagasepaha yang berjumlah 35 orang dan siswa kelas IV SD No. 2 Sari Mekar yang berjumlah 27 orang. Data hasil belajar matematika siswa dikumpulkan dengan instrumen tes berbentuk pilihan ganda. Data yang dikumpulkan dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif dan uji-t. Hasil penelitian ini menemukan bahwa: (1) kualitas hasil belajar matematika siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model MEA dengan setting belajar kelompok tergolong sangat tinggi dengan rata-rata (M) 23,66. (2) kualitas hasil belajar matematika siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model konvensional tergolong tinggi dengan rata-rata (M) 20,56. (3) terdapat perbedaan yang signifikan antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan  model MEA dengan setting belajar kelompok dan siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model konvensional (thitung > ttabel, thitung = 23,85 dan ttabel = 2,000).

 

Kata kunci: Model Pembelajaran MEA, setting belajar kelompok, hasil belajar matematika

Downloads

Published

2013-01-08

How to Cite

I Nym. Arcana, N. P. A. K. N. D. (2013). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MEANS-ENDS ANALYSIS (MEA) DENGAN SETTING BELAJAR KELOMPOK TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS IV SD. MIMBAR PGSD Undiksha, 1(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.728

Issue

Section

Articles