PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TIPE VAK BERBANTUAN MEDIA MAGIC BOX TERHADAP HASIL BELAJAR IPA KELAS IV SD
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.730Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar IPA antara kelompok siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran quantum tipe visual auditory kinestethic (VAK) berbantuan media magic box dan kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran langsung pada siswa kelas IV di SD N 1 Banyuning Kecamatan Buleleng tahun pelajaran 2012/2013. Keseluruhan populasi digunakan sebagai sampel penelitian. Populasi terdiri dari kelas IVA 29 orang dan kelas IVB 28 orang. Penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan menggunakan desain non equivalen post-test only control group design. Data hasil belajar IPA dikumpulkan menggunakan metode tes dengan instrumen berupa tes pilihan ganda. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial dengan uji-t untuk menguji hipotesis penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar IPA antara kelompok siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran quantum tipe VAK berbantuan media magic box dengan kelompok siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran langsung. Hal tersebut dapat dilihat hasil uji hipotesis menggunakan uji-t diperoleh thitung lebih besar dari ttabel (thitung = 3,61 > ttabel = 2,000), dan rerata kelompok eksperimen lebih tinggi dari rerata kelompok kontrol (1 = 20,86 > 2 = 16,96). Dengan demikian model pembelajaran quantum tipe VAK berbantuan media magic box berpengaruh terhadap hasil belajar IPA pada siswa kelas IV SD N 1 Banyuning tahun pelajaran 2012/2013.
Kata-kata kunci: VAK, magic box, hasil belajar IPA
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Mimbar PGSD Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)