PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN IOC DAN MOTIVASI BERPRESTASI TERHADAP HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS V

Ni Putu Windra Novemie ., Prof. Dr. Anak Agung Gede Agung,M.Pd ., Drs.I Gusti Ngurah Japa,M.Pd .

Abstract


Permasalahan dalam penelitian ini adalah hasil belajar IPA siswa kelas V. Sehingga tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui pengaruh yang signifikan model pembelajaran kooperatif tipe IOC terhadap hasil belajar IPA sebelum mengontrol motivasi berprestasi, (2) Untuk mengetahui pengaruh yang signifikan model pembelajaran kooperatif tipe IOC terhadap hasil belajar IPA setelah mengontrol motivasi berprestasi, (3) Untuk mengetahui pengaruh yang signifikan motivasi berprestasi terhadap hasil belajar IPA pada siswa kelas V SD di Gugus IV Kerinci, Kabupaten Jembrana Tahun Pelajaran 2015/2016. Rancangan penelitian yang digunakan adalah non-equivalent post-test only control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V di SDN Gugus IV Kerinci Kecamatan Melaya Kabupaten Jembrana tahun pelajaran 2015/2016. Sampel diambil dengan teknik random sampling. Dari hasil undian diperoleh SD Negeri 1 Tuwed sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa 19 orang dan SD Negeri 2 Candikusuma sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa 21 orang. Data dikumpulkan dengan metode tes dan metode kuesioner. Data yang telah dikumpulkan dianalisis dengan uji Anakova 1 jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran kooperatif tipe IOC terhadap hasil belajar IPA sebelum mengontrol motivasi berprestasi (F = 74,727, dengan Sig. = 0,000 < 0,05); (2) terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran kooperatif tipe IOC terhadap hasil belajar IPA setelah mengontrol motivasi berprestasi (F = 21,840, dengan Sig. = 0,000 < 0,05); (3) terdapat pengaruh motivasi berprestasi terhadap hasil belajar IPA (F = 87,713dengan Sig. = 0,000 < 0,05).
Kata Kunci : model pembelajaran kooperatif tipe IOC, motivasi berprestasi, dan hasil belajar IPA

The problem of this research was the science learning achievement of the fifth grade students. So, the aims of this research were (1) to determine the significant effect of cooperative learning model with IOC types of science learning achievement before controlling the achievement motivation, (2) to determine the significant effect of cooperative learning model with IOC types of science learning achievement after controlling the achievement motivation, (3) to determine a significant effect of achievement motivation toward the science learning achievement of the fifth grade students in Cluster IV of Kerinci of Jembrana district in Academic Year 2015/2016. The design of the study was a non-equivalent post-test only control group design. The population in this study was a fifth grade students at Cluster IV of Kerinci of Jembrana district in academic year 2015/2016. Samples were taken by random sampling technique. The lottery results obtained that the SD Negeri 1 Tuwed as the experimental class with the number of students 19 and SD Negeri 2 Candikusuma as the control class with the number of students 21 peoples. The data were collected using tests and questionnaires methods. The collected data were analyzed with one way Anacova. The results showed that (1) there is a significant effect of cooperative learning model with IOC types of science learning achievement before controlling the achievement motivation (F = 74.727, with Sig. = 0.000 <0.05); (2) there is a significant effect of cooperative learning model with IOC types of science learning achievement after controlling the achievement motivation (F = 21.840, with Sig. = 0.000 <0.05); (3) there is a significant effect of achievement motivation toward the science learning achievement of the fifth grade students in Cluster IV of Kerinci of Jembrana district in Academic Year 2015/2016 (F = 87,713dengan Sig. = 0.000 <0.05).
keyword : IOC learning model, Science learning outcomes, and achievement motivation

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v4i1.7329

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :


Universitas Pendidikan Ganesha


Creative Commons License

Mimbar PGSD Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Mimbar PGSD Undiksha indexed by:

Akreditasi SINTA 5 Mimbar PGSD    Crossref



Creative Commons License

Mimbar PGSD Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.