HUBUNGAN ANTARA INTENSITAS PERHATIAN ORANG TUA DAN MINAT BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SDN KELURAHAN YANGAPI

Authors

  • I Wayan Wiradana1, Ni Nengah Madri Antari

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.733

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) hubungan antara intensitas perhatian orang tua dan hasil belajar IPA (2) hubungan minat belajar dan hasil belajar IPA dan (3) hubungan secara bersama-sama intensitas perhatian orang tua dan minat belajar dengan hasil belajar IPA. Jenis penelitian ini adalah penelitian Expost-facto. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri Kelurahan Yangapi tahun pelajaran 2012/2013. Teknik pengambilan sampel adalah proposional random sampling dengan jumlah sampelnya 148. Data di ambil dengan menggunakan kuesioner. Data penelitian  dianalisis dengan teknik statistik yaitu regresi sederhana, product moment, dan regresi ganda. Hasil penelitian ini menunjukan adanya hubungan antara intensitas perhatian orang tua  terhadap hasil belajar yaitu  thitung=6,445> ttabel = 1,664.  Hubungan minat belajar dan hasil belajar yaitu thitung = 14,238 > ttabel = 1664. Hubungan secara bersama-sama antara intensitas perhatian orang tua dan minat belajar terhadap hasil belajar IPA Fhitung=36,55 > Ftabel= 3,09, yang berarti ada hubungan yang signifikan antara variable-variabel tersebut.

 

Kata kunci : intensitas perhatian orang tua , minat belajar, hasil belajar

Downloads

Published

2013-01-08

How to Cite

Ni Nengah Madri Antari, I. W. W. (2013). HUBUNGAN ANTARA INTENSITAS PERHATIAN ORANG TUA DAN MINAT BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SDN KELURAHAN YANGAPI. MIMBAR PGSD Undiksha, 1(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.733

Issue

Section

Articles