PENGARUH MODEL NHT BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP PENGUASAAN KOMPETENSI PENGETAHUAN IPS KELAS V

Dewa Gede Juniarta ., Drs. I Made Suara, M.Pd ., Drs. Ida Bagus Surya Manuaba,S.Pd., M.Fo .

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan yang signifikan Penguasaan kompetensi pengetahuan IPS antara kelompok siswa yang dibelajarkan melalui model Number Head Together berbasis pendekatan saintifik dengan kelompok siswa yang dibelajarkan melalui embelajaran konvensional pada siswa kelas V SD Gugus Mayor Metra Denpasar Tahun Ajaran 2015/2016. Jenis penelitian ini merupakan eksperimen semu dengan menggunakan desain penelitian nonequivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Gugus Mayor Metra tahun ajaran 2015/2016 yang terdiri dari 4 sekolah dasar dan 9 kelas. Sampel ditentukan dengan random sampling dengan mengacak kelas. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VB SD Negeri 21 pemecutan sebagai kelompok eksperimen dan kelas VA SD Negeri 21 Pemecutan sebagai kelompok kontrol dengan jumlah masing-masing kelompok sebanyak 45siswa pada kelompok ekperimen dan 49 siswa pada kelompok kontrol. Data hasil belajar pengetahuan IPS dikumpulkan dengan instrumen berupa tes objektif berjumlah 25 butir tes yang telah divalidasi.Data hasil belajar pengetahuan IPS dianalisis dengan t-test. Hasil analisis menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan Penguasaan kompetensi pengetahuan IPS antara kelompok siswa yang dibelajarkan melalui model Number Head Together berbasis pendekatan saintifik dengan kelompok siswa yang dibelajarkan melalui pembelajaran konvensional pada kelas V SD Gugus Mayor Metra Denpasar Tahun Ajaran 2015/2016.Hasil analisis diperoleh dengan thitung= 4,23> ttabel (α = 0,05, 62) = 2,000. Demikian pula nilai reratahasil belajar pengetahuan IPS siswa kelompok eskperimen = 71,73> = 63,59 reratahasil belajar pengetahuan IPS siswa kelompok kontrol. Dengan demikian dapat disimpulkan pembelajaran model Number Head Together berbasis pendekatan saintifik berpengaruh terhadap penguasaan kompetensi pengetahuan IPS siswa kelas V SD Gugus Mayor Metra Denpasar tahun ajaran 2015/2016.
Kata Kunci : model number head together berbasis pendekatan saintifik, penguasaan kompetensi pengetahuan IPS

The purpose of this study to find a significant difference between the social sciene knowledge competency mastery student group that learned through the model-based Number Head Together scientific approach with a student group that learned through conventional better teaching in class V SD gugus Mayor Metra Denpasar Academic Year 2015/2016. This research is a quasi-experimental research design with nonequivalent control group design. The study population was all students of class V SD Gugus Mayor Metra 2015/2016 academic year consisting of 4 primary schools and 9 classes. The sample was determined by random sampling to randomize the class. The sample in this study is a class VB SD Negeri 21 Pemecutan as the experimental group and class VA SD Negeri 21 Pemecutan as the control group with the number of each group as many as 45 students in the experimental group and 49 students in the control group. social sciene knowledge learning outcomes data collected by the instruments in the form of objective test items are 25 tests that have been validated.Social sciene knowledge learning outcomes data were analyzed by t-test. The analysis showed a significant difference between the social sciene knowledge competency mastery student group that learned through the model Number Head Together based scientific approach with a student group that learned through conventional learning in class V SD Gugus Mayor Metra Denpasar Academic Year 2015/2016. The results of the analysis obtained by t = 4.23> t table (α = 0.05, 62) = 2.000. Similarly, the average value of student learning outcomes of knowledge social sciene experimentation group = 71.73> = 63.59 average student learning outcomes social sciene knowledge of the control group. Thus we can conclude model Number Head Together based approach to scientific learning knowledge influence the mastery of competencies social sciene V grade students of SD Gugus Mayor Metra Denpasar academic year 2015/2016.
keyword : model number head together based scientific approach, the mastery of knowledge competencies social sciene.

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v4i1.7335

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :


Universitas Pendidikan Ganesha


Creative Commons License

Mimbar PGSD Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Mimbar PGSD Undiksha indexed by:

Akreditasi SINTA 5 Mimbar PGSD    Crossref



Creative Commons License

Mimbar PGSD Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.