PENGARUH IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN TADIR TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS V SD GUGUS XV KECAMATAN BULELENG
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.735Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) kualitas kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang mengikuti model pembelajaran TADIR (translation, analysis, design, implementation, review), (2) kualitas kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional dan (3) perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas V yang mengikuti model pembelajaran TADIR di SD No. 1 Anturan dan yang mengikuti model pembelajaran konvensional di SD No. 2 Anturan tahun ajaran 2012/2013. Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan rancangan penelitian non equivalent post-test only control group design. Populasi dari penelitian ini adalah siswa di sekolah dasar gugus XV Kecamatan Buleleng yang berjumlah 247 orang. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah hasil tes kemampuan pemecahan masalah matematika dalam bentuk uraian. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang menggunakan model pembelajaran TADIR tergolong tinggi, kualitas kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional tergolong rendah dan terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematika yang signifikan antara kelompok siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran TADIR dan kelompok siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran konvensional. Hal ini menunjukkan ada pengaruh dari model pembelajaran TADIR terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas V semester 2 SD No. 1 Anturan.
Kata kunci: TADIR, Konvensional, Kemampuan Pemecahan Masalah
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Mimbar PGSD Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)