PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN VCT BERBANTUAN MEDIA MICROSOFT POWERPOINT TERHADAP PRESTASI BELAJAR PKn SISWA KELAS V SD GUGUS II KECAMATAN TEGALLALANG

Authors

  • Ni Pt. Yoni Rahayudhi, A. A. Gd. Agung, I Dw. Kade Tastra

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.736

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) deskripsi prestasi belajar PKn  siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional, (2) deskripsi prestasi belajar PKn siswa yang mengikuti model pembelajaran VCT berbantuan media Microsoft PowerPoint, dan (3) pengaruh model pembelajaran VCT berbantuan media Microsoft PowerPoint terhadap prestasi belajar PKn pada siswa kelas V semester genap tahun pelajaran 2012/2013 di SD gugus II Kecamatan Tegallalang. Jenis penelitian  ini adalah penelitian eksperimen semu dengan populasi seluruh siswa kelas V SD gugus II Kecamatan Tegallalang yang berjumlah 166 orang. Sampel penelitian ini berjumlah 32 orang  siswa kelas V di SD N 1 Kedisan sebagai kelompok eksperimen dan 30 orang siswa kelas V di SD N 2 Kedisan sebagai kelompok kontrol. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan metode tes, yaitu tes obyektif dan tes uraian, kemudian dianalisis menggunakan statistik uji-t. Hasil penelitian menunjukan, prestasi belajar siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional berada dalam kategori sedang, sedangkan prestasi belajar PKn siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model VCT berbantuan  Microsoft PowerPointI berada pada kategori  tinggi.  Berdasarkan perhitungan uji-t disimpulkan bahwa  terdapat perbedaan yang signifikan prestasi belajar PKn antara kelompok siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model VCT berbantuan media Microsoft PowerPoint dan kelompok siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model konvensional. Hal ini menunjukkan ada pengaruh dari model pembelajaran VCT berbantuan media Microsoft PowerPoint terhadap prestasi belajar  PKn siswa kelas V Semester II di SD gugus II Kecamatan Tegallalang.

 

Kata-kata kunci: VCT Microsoft PowerPoint, prestasi belajar

 

Downloads

Published

2013-01-08

How to Cite

I Dw. Kade Tastra, N. P. Y. R. A. A. G. A. (2013). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN VCT BERBANTUAN MEDIA MICROSOFT POWERPOINT TERHADAP PRESTASI BELAJAR PKn SISWA KELAS V SD GUGUS II KECAMATAN TEGALLALANG. MIMBAR PGSD Undiksha, 1(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.736

Issue

Section

Articles