PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SFAE BERBANTUAN MEDIA MIND MAPPING TERHADAP PENGUASAAN KONSEP IPA SISWA KELAS IV SDN 1 SANGSIT

Authors

  • Pt. Marta Pawitra, Ndara Tanggu Renda, I Md. Tegeh

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.738

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan penguasaan konsep IPA antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran student facilitator and explaining (SFAE) berbantuan media mind mapping dan siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran konvensional pada kelas IV semester II tahun pelajaran 2012/2013 di SDN 1 Sangsit. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan menggunakan non equivalent post-test only control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas IV di SDN 1 Sangsit yang berjumlah 2 kelas dengan jumlah siswa 77 orang. Seluruh populasi penelitian yang diteliti dijadikan sebagai sampel yaitu kelas IVA yang dijadikan sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 38 orang dan kelas IVB yang dijadikan sebagai kelas kontrol dengan jumlah 39 orang. Data penguasan konsep IPA siswa dikumpulkan dengan instrumen tes berbentuk pilihan ganda. Data yang dikumpulkan dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial (uji-t). Berdasarkan hasil konversi, diperoleh bahwa skor rata-rata penguasaan konsep IPA siswa kelompok eksperimen dengan M = 20,19 tergolong kriteria tinggi sedangkan kelompok kontrol dengan M = 14,92 tergolong kriteria sedang. Hasil perhitungan dengan uji-t, diperoleh thit adalah 4,562. Sedangkan ttab dengan taraf signifikansi 5% dan db =75 adalah 2,000. Hal ini berarti, thit lebih besar dari ttab (thit > ttab), sehingga hasilnya signifikan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan penguasaan konsep IPA antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran SFAE berbantuan media mind mapping dan siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran konvensional pada kelas IV Semester II Tahun Pelajaran 2012/2013 di SDN 1 Sangsit.

 

Kata kunci: model SFAE, mind mapping, penguasaan konsep IPA

Downloads

Published

2013-01-08

How to Cite

I Md. Tegeh, P. M. P. N. T. R. (2013). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SFAE BERBANTUAN MEDIA MIND MAPPING TERHADAP PENGUASAAN KONSEP IPA SISWA KELAS IV SDN 1 SANGSIT. MIMBAR PGSD Undiksha, 1(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.738

Issue

Section

Articles