PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE CIRC TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP IPA SISWA KELAS IV DI GUGUS II KECAMATAN GEROKGAK
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.739Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan pemahaman konsep IPA antara kelas yang belajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe CIRC dan kelas yang belajar dengan model pembelajaran Konvensional. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan rancangan penelitian yang digunakan adalah Non-Equivalent Post-Test Only Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas IV SD yang berjumlah 73 orang. Sampel diambil dengan cara teknik simple random sampling, yaitu 42 orang siswa pada kelas eksperimen dan 31 oerang siswa pada kelas kontrol. Data yang dikumpulkan adalah skor pemahaman konsep IPA yang dikumpulkan dengan tes soal pemahaman konsep (dengan validitas butir r = 0.5580 s.d r = 0.8545 dan indek reliabilitas Alpha Cronbach 0,84). Bentuk tes Pemahaman konsep yang digunakan adalah soal uraian yang berjumlah 11 butir. Data dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif dan uji t independent dan SPSS 16.0 for Windows dengan sampel tidak berkorelasi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan pemahaman konsep IPA antara kelas yang belajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe CIRC dan model pembelajaran Konvensional (thitung = 8,0103; ttabel = 2,0309) di mana rata-rata skor pemahaman konsep IPA kelas yang belajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe CIRC adalah 36 yang berada pada kategori tinggi, sedangkan kelas yang belajar dengan model pembelajaran Konvensional adalah 28,90 yang berada pada kategori tinggi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemahaman Konsep IPA yang dicapai oleh kelas yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif tipe CIRC lebih baik dibandingkan dengan kelas yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran Konvensional.
Kata-kata kunci: CIRC, Konvensional, Pemahaman Konsep
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Mimbar PGSD Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)