PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BRAIN BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA AUDIO TERHADAP KETERAMPILAN MENYIMAK SEKOLAH DASAR

Authors

  • Ni Komang Ayu Lestari .
  • Drs. Made Sumantri, M.Pd. .
  • Luh Putu Putrini Mahadewi, S.Pd., M.S. .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v4i1.7416

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan keterampilan menyimak antara kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Brain Based Learning (BBL) berbantuan media audio dan kelompok siswa yang dibelajaran dengan model pembelajaran langsung pada siswa kelas V Gugus II Kecamatan Selat, Kabupaten Karangasem tahun pelajaran 2015/2016. Penelitian ini termasuk penelitian eksperimen semu yang menggunakan desain non-equivalent posttest only control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas V di Gugus II Kecamatan Selat. Sampel penelitian ini yaitu kelas V SD N 3 Amerta Bhuana dan kelas V SD N 2 Amerta Bhuana. Metode pengumpulan data yang digunakan yakni dengan metode tes. Data dianalisis dengan menggunakan (uji-t).Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan keterampilan menyimak yang signifikan antara kelompk siswa yang dibelajarkan dengan BBL berbantuan media audio dan kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model langsung. Hal ini ditunjukan dengan thitung lebih besar dari ttabel (thitung>ttabel). Nilaithitung = 11,54, sedangkan nilaittabel = 2,021, dan rata- rata keterampilan menyimakkelopok eksperimen (13,54) lebih besar dari rata-rata (8) kelompok kontrol. Hal ini berarti penerapan model pembelajaran BBL berbantuan media audio berpengaruh terhadap keterampilan menyimak siswa kelas V di gugus II Kecamatan Selat Kabupaten Karangasem tahun pelajaran 2015/2016.
Kata Kunci : BBL, keterampilan menyimak, media audio

This research aimed to determine the differences between group of students listening skills that learned by the learning model Brain Based Learning (BBL) , assisted by the audio media and group of students who learned by direct Insrtuction model in class V Cluster II Selat District, Karangasem Regency in academic year 2015/2016. This research included quasi-experimental research. The design was used non-equivalent posttest only control group design. The population of the study was the whole class V in Cluster II Selat District, and the sample was class V SD N 3 Amerta Bhuana and class V SD N 2 Amerta Bhuana. The mothod collection was used by test method. The collected data were analyzed of t-test. The results of this study indicate that there were significant differences in listening skills among groups of students that learned by learning model BBL, assisted by audio media and a group of students who learned by direct learning model with tarithmetic greater than ttable (tarithmetic> ttable).It is shown by the taccount (11,54) > ttable (2,021) and average of exsperimental group (13,54) higher than average of control group (8). This means learning model application BBL , assisted by audio media was influence on listening skills class V students in Cluster II Selat District, Karangasem Regecy in academic year 2015/2016.
keyword : BBL, listening skills, audio media

Published

2016-07-13

How to Cite

., N. K. A. L., ., D. M. S. M., & ., L. P. P. M. S. M. (2016). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BRAIN BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA AUDIO TERHADAP KETERAMPILAN MENYIMAK SEKOLAH DASAR. MIMBAR PGSD Undiksha, 4(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v4i1.7416

Issue

Section

Articles