PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE COURSE REVIEW HORAY (CRH) BERBANTUAN MEDIA BENDA KONGKRIT TERHADAP HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS V SD DI GUGUS VI KECAMATAN SUKASADA TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Putu Desy Kompyang Sari Utami ., Drs. I Dewa Kade Tastra,M.Pd ., Dra. Nyoman Kusmariyatni,S.Pd .

Abstract


Penelitian ini dilakukan karena permasalahan hasil belajar IPA yang rendah. Tujuan dari penelitian ini diantaranya (1) untuk mengetahui hasil belajar IPA siswa setelah dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Course Riview Horay (CRH) berbantuan media benda kongkrit. (2) Untuk mengetahui hasil belajar IPA siswa setelah dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran konvensional berbantuan media benda kongkrit. (3) Untuk mengetahui perbedaan hasil belajar IPA yang signifikan antara siswa yang belajar dengan model pembelajaran Course Riview Horay (CRH) berbantuan media benda kongkrit dengan siswa yang belajar dengan model pembelajaran konvensional. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen semu (quasi eksperimen) dengan desain post test only control grup design. Data dikumpulkan dengan metode tes. Instrumen penelitian ini adalah tes hasil belajar IPA. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) Hasil belajar IPA siswa kelompok eksperimen yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran Course Review Horay (CRH) berbantuan media benda konkrit dengan mean = 24,55, pada kategori sangat tinggi. (2) Hasil belajar IPA siswa kelompok kontrol yang mengikuti pembelajaran dengan pembelajaran konvensional dengan mean = 20,73, pada kategori tinggi. (3) terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar IPA antara kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Course Review Horay (CRH) berbantuan media konkrit dengan kelompok siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional dengan thitung lebih besar dari ttabel yaitu 3,26 > 1,98. Dengan perolehaan nilai rata-rata hasil belajar IPA kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol yaitu sebesar 24,55 > 20,73. Adanya perbedaan hasil belajar menandakan model pembelajaran Course Review Horay (CRH) berbantuan media konkrit berpengaruh terhadap hasil belajar IPA pada siswa.
Kata Kunci : Course Review Horay, Hasil Belajar, Media Konkrit

This research was done because of problems IPA low learning outcomes. The purpose of this study include (1) to assess student learning outcomes IPA after dibelajarkan by using model Riview Horay Course (CRH) media aided concrete objects. (2) To determine student learning outcomes IPA after dibelajarkan using conventional learning models media aided concrete objects. (3) To know the difference IPA significant learning outcomes among students who study learning model Riview Horay Course (CRH) media aided concrete objects with students learning with conventional learning models. This study is a quasi-experimental research (quasi) design with post test only control group design. Data collected by the test method. The instrument of this study is the science achievement test. The results of this study indicate that: (1) results for students to learn science experimental group who followed the teaching learning model Course Review Horay (CRH) media aided concrete objects with mean = 24.55, on the very high category. (2) The results of the control group students learn science the following study with conventional learning with mean = 20.73, the high category. (3) there are significant differences between the groups Science learning outcomes of students that learned learning model Course Review Horay (CRH) concrete media aided by a group of students that learned with conventional learning with thitung greater than ttable ie 3.26> 1.98. With perolehaan average value learning outcomes IPA experimental class is higher than the control class that is equal to 24.55> 20.73. The big difference in learning outcomes signify learning model Course Review Horay (CRH) aided concrete media influence on science learning outcomes in students.

keyword : Course Review Horay (CRH), media Concretely, learning outcomes

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v4i1.7427

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :


Universitas Pendidikan Ganesha


Creative Commons License

Mimbar PGSD Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Mimbar PGSD Undiksha indexed by:

Akreditasi SINTA 5 Mimbar PGSD    Crossref



Creative Commons License

Mimbar PGSD Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.