PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TALKING CHIPS TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V DI GUGUS III

Luh Putu Ayu Nandari Putri Wibawa ., Drs. Nyoman Wirya ., Dr. I Made Tegeh, S.Pd., M.Pd. .

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan antara kelompok siswa yang dibelajarkan melalui model pembelajaran talking chips dengan kelompok siswa yang dibelajarkan melalui model pembelajaran konvensional pada hasil belajar ipa siswa kelas V di SD Gugus III, Kecamatan Buleleng, Kabupaten Buleleng, Semester Genap Tahun Pelajaran 2015/2016. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V Gugus III yang berjumlah 134 orang. Sampel penelitian ini berjumlah 43 orang siswa. Sampel penelitian ini ditentukan dengan teknik simple random sampling. Data hasil belajar IPA siswa dikumpulkan dengan instrumen tes berbentuk pilihan ganda dengan jumlah soal sebanyak 20 soal. Data yang dikumpulkan dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial (uji-t). Berdasarkan hasil perhitungan diperoleh thitung 3,596 dan ttabel (pada taraf signifikansi 5%) =2,0895. Hal ini berarti bahwa thitung > ttabel dengan demikian, dapat disimpulkan terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan antara siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan model pembelajaran Talking Chips dengan siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan model pembelajaran konvensional pada siswa kelas V di SD Gugus III, Kecamatan Buleleng, Kabupaten Buleleng, Semester Genap Tahun Pelajaran 2015/2016.
Kata Kunci : hasil belajar, IPA, model pembelajaran talking chips

This study aims to determine significant difference between the groups of students that treated through learning model talking chips with a group of students that treated through conventional learning model on learning outcames in science lesson on fifth grade students in elementary school gugus III Buleleng subdistrict Buleleng regency in academic year 2015/2016. This research is a quasi-experimental research. The study population was all students in grade fifth in gugus III of this study was 134 students. The sampel of the study are 43 students. The research sample was determined trough random sampling tehnique by using lottery tehnique. The science learning outcomes data was collected through test instrument in the form of 20 multiple choice questions. The collected data was analyzed using descriptive statistical analysis and inferential statistics (t-test). Based on the calculations, the t is 3.596 and t table (at significance level of 5%) is 2.089. it means that t counting > t table therefore is means differemces in learning outcomes significantly between students who treated talking chips learning model with students who are treated using conventional learning model on fifth grade students in elementary school gugus III Buleleng subdistrict Buleleng regency in academic year 2015/2016.
keyword : learning outcomes, science, talking chips learning model.

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v4i1.7429

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :


Universitas Pendidikan Ganesha


Creative Commons License

Mimbar PGSD Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Mimbar PGSD Undiksha indexed by:

Akreditasi SINTA 5 Mimbar PGSD    Crossref



Creative Commons License

Mimbar PGSD Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.