PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD DI GUGUS 7 TIANYAR

Authors

  • Ni Ngh. Sutrini, Ni Kt. Suarni, Ndara Tanggu Renda

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.743

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan hasil belajar IPA antara siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe GI dan siswa yang diajar dengan pembelajaran konvensional. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (Quasi Eksperimen), dengan desain post test only control group desain. Populasi penelitian adalah siswa kelas V SD di gugus 7 Tianyar pada semester genap tahun pelajaran 2012/2013. Sampel ditentukan dengan  teknik random sampling dan diperoleh SD N 5 Tianyar sebagai kelompok eksperimen yang berjumlah 22 siswa dan SD N 3 Tianyar Tengah sebagai kelompok kontrol yang berjumlah 21 siswa. Data hasil belajar IPA siswa dikumpulkan dengan menggunakan tes dalam bentuk pilihan ganda. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial uji-t. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) hasil belajar IPA siswa setelah dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe GI berada pada kategori tinggi yaitu pada rentangan 17,5-22,5 sebanyak 15 orang atau 68,18 %, (2) hasil belajar IPA siswa setelah dibelajarkan dengan model pembelajaran konvensional berada pada kategori sedang yaitu pada rentangan 13,5-17,5 sebanyak 17 orang atau 80,95 %, (3)  terdapat perbedaan secara signifikan hasil belajar IPA siswa antara siswa yang di ajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe GI dan siswa yang di ajar dengan model pembelajaran konvensional, hasilnya menunjukkan thitung 4,548 dan ttabel 2,021 dengan taraf signifikansi 5%.

Kata kunci: model pembelajaran kooperatif tipe GI, hasil belajar IPA.

Downloads

Published

2013-01-08

How to Cite

Ndara Tanggu Renda, N. N. S. N. K. S. (2013). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD DI GUGUS 7 TIANYAR. MIMBAR PGSD Undiksha, 1(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.743

Issue

Section

Articles