ANALISIS KESULITAN BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA CEPAT SISWA KELAS V SD GUGUS VI KECAMATAN ABANG

Ni Ketut Januarti ., Drs. I Ketut Dibia,S.Pd, M.Pd ., I Wayan Widiana, S.Pd., M.Pd .

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan kesulitan belajar dalam membaca cepat, (2) mengetahui faktor yang mempengaruhi kesulitan dalam membaca cepat, (3) mengetahui upaya yang dilakukan guru dalam mengatasi kesulitan membaca cepat. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Sampel penelitian yakni siswa kelas V di Gugus VI Kecamatan Abang tahun pelajaran 2015/2016 yakni SDN 1 Nawakerti, SDN 1 Pidpid, dan SDN 1 Kesimpar yang berjumlah 51 orang siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan yakni lembar observasi dan pedoman wawancara. Data kesulitan membaca cepat dan faktor yang mempengaruhi kesulitan dalam membaca cepat dikumpulkan menggunakan lembar observasi. Sedangkan data mengenai upaya untuk mengatasi kesulitan membaca cepat dikumpulkan menggunakan pedoman wawancara. Data yang dikumpulkan dianalisis menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) kesulitan membaca cepat berada pada kategori cukup dari 51 orang siswa yakni, 18 orang siswa (53,3%) pada kategori tinggi, 33 orang siswa (64,7%) pada kategori cukup, (2) faktor yang mempengaruhi dalam membaca cepat yakni, konsetrasi dan gerakan mata pada saat membaca cepat, (3) upaya yang dilakukan guru untuk mengatasi kesulitan dalam membaca cepat yaitu, guru selalu memberikan motivasi agar siswa sering berlatih dalam membaca.
Kata Kunci : kesulitan belajar, membaca cepat.

The purpose of this research to:(1) describe the learning difficulty in reading speed, (2) knowing factors that affect the difficulty in reading speed, (3) knowing the efforts of teachers in overcoming reading difficulty speed. This research is a descriptive research. The research sample the fifth grade students in Cluster VI Abang District school year 2015/2016 SDN 1 Nawakerti, SDN 1 Pidpid, and SDN 1 Kesimpar which amounted to 51 students. Methods of data collection used the observation sheet and interview guidelines. Data difficult to read quickly and factors affecting the difficulty in reading speed were collected using observation sheet. While data on efforts to overcome reading difficulties were speed collected using interview guide. Data collected were analyzed using descriptive qualitative analysis. The results showed that, (1) difficulty reading speed enough in the category of the 51 students, 18 students (53.3%) in the high category, 33 students (64.7%) in the category enough, (2) factors that affect the speed reading, concentration and eye movements during reading faster, (3) the efforts of teachers to cope with difficulty in reading speed, the teacher always gives motivation for the students often practice in reading.

keyword : learning difficulties , reading speed.

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v4i1.7442

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :


Universitas Pendidikan Ganesha


Creative Commons License

Mimbar PGSD Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Mimbar PGSD Undiksha indexed by:

Akreditasi SINTA 5 Mimbar PGSD    Crossref GARUDA MIMBAR PGSD Undiksha



Creative Commons License

Mimbar PGSD Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.