PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE INSIDE OUTSIDE CIRCLE TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA INGGRIS KELAS IV SD GUGUS X KECAMATAN BULELENG

Authors

  • Ni Md. Linda Dwi R L, Ign I Wyn Suwatra, I Dw. Pt. Raka Rasana

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.746

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan keterampilan berbicara Bahasa Inggris antara kelompok siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe Inside Outside Circle dan kelompok siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran konvensional pada siswa kelas IV gugus X Kecamatan Buleleng Kabupaten Buleleng tahun pelajaran 2012/2013. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Gugus X Kecamatan Buleleng, Kabupaten Buleleng tahun pelajaran 2012/2013 yang berjumlah 172 orang. Yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD No. 3 Kaliuntu yang berjumlah 24 orang sebagai kelompok kontrol dan siswa kelas IV SD K Karya yang berjumlah 29 orang sebagai kelompok eksperimen. Data keterampilan berbicara Bahasa Inggris dikumpulkan dengan menggunakan rubrik penilaian berbicara yang berpatokan pada penampilan siswa. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan uji-t polled varians. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan keterampilan berbicara Bahasa Inggris yang signifikan antara kelompok siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe Inside Outside Circle dan kelompok siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Konvensional. Perbandingan perhitungan rata-rata keterampilan berbicara kelompok ekperimen adalah 15,12 lebih besar dibandingkan dengan rata-rata keterampilan berbicara kelompok kontrol sebesar 9,67. Adanya perbedaan yang signifikan menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe Inside Outside Circle berpengaruh positif terhadap keterampilan berbicara Bahasa Inggris siswa.

 

Kata kunci: Konvensional, Inside Outside Circle, Berbicara

Downloads

Published

2013-01-08

How to Cite

I Dw. Pt. Raka Rasana, N. M. L. D. R. L. I. I. W. S. (2013). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE INSIDE OUTSIDE CIRCLE TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA INGGRIS KELAS IV SD GUGUS X KECAMATAN BULELENG. MIMBAR PGSD Undiksha, 1(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.746

Issue

Section

Articles