PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAl UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PENGUASAAN KOMPETENSI PENGETAHUAN IPA SISWA KELAS IVA SD NEGERI 7 PEMECUTAN TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Ni Made Pratiwi Pebriyanti ., Drs. I Wayan Darsana,M.Ed ., Drs. Made Putra, M.Pd .

Abstract


Penelitian ini bertujuan meningkatkan aktivitas dan penguasaan kompetensi pengetahuan IPA melalui penerapan pendekatan saintifik berbantuan media audio visual pada siswa kelas IVA SD Negeri 7 Pemecutan Tahun Pelajaran 2015/2016. Penelitian ini termasuk penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Dengan subjek adalah siswa kelas IVA SD Negeri 7 Pemecutan tahun Pelajaran 2015/2016, sebanyak 42 orang. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan metode observasi dan tes. Metode observasi digunakan untuk memperoleh data aktivitas belajar siswa. Sedangkan metode tes digunakan untuk memperoleh data penguasaan kompetensi pengetahuan IPA. Data yang didapatkan dari metode observasi dan tes dianalisis dengan metode analisis deskriptif kualitatif dan analisis deskriptif kuantitatif.
Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan aktivitas belajar siswa setelah penerapan pendekatan saintifik berbantuan media audio visual dengan rata-rata aktivitas belajar pada siklus I sebesar 62,67 berada pada kriteria cukup aktif, dan pada siklus II rata-rata aktivitas belajar siswa menjadi 78,74 berada pada kriteria baik. Begitu juga dengan kompetensi pengetahuan IPA mengalami peningkatan dengan rata-rata nilai penguasaan kompetensi pengetahuan IPA pada siklus I sebesar 75,91 berada pada predikat B dengan ketuntasan klasikal 76,19% dan pada siklus II rata-rata penguasaan kompetensi pengetahuan IPA menjadi 83,54 berada pada predikat A- dengan ketuntasan klasikal 90,47%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan pendekatan saintifik berbantuan audio-visual dapat meningkatkan aktivitas dan penguasaan kompetensi pengetahuan IPA siswa kelas IVA SD Negeri 7 Pemecutan Tahun Pelajaran 2015/2016.
Kata Kunci : pendekatan saintifik media audio visual, aktivitas, kompetensi pengetahuan

This study aims to improve the activity and competence mastery of science knowledge through the application of scientific approaches aided by audio-visual media in Class IVA SD Negeri 7 Pemecutan Academic Year 2015/2016 . This study includes classroom action research conducted in two cycles . The subject is class IVA SD Negeri 7 Pemecutan Lesson year 2015/2016 , a total of 42 people . Collecting data in this study conducted by the method of observation and tests . Observation methods used to obtain data on student learning activities . While the test method is used to obtain data on the mastery of knowledge competencies IPA . Data obtained from observation and tests were analyzed with descriptive analysis of qualitative and quantitative descriptive analysis .

The results showed an increase in activity of student learning after the application of a scientific approach to audio- visual media aided by an average of learning activities in the first cycle of 62.67 was the criteria are quite active , and the second cycle average of 78.74 students' learning activities be located the criteria. So also with the knowledge competency IPA has increased with an average value of competence mastery of knowledge IPA in the first cycle of 75.91 is the predicate B with classical completeness 76.19 % and the second cycle the average mastery of competencies of knowledge IPA be 83.54 is at A- with classical completeness predicate 90.47 % . It can be concluded that through the application of scientific approaches aided by audio - visual activity can increase knowledge and mastery of competencies IVA grade science students SD Negeri 7 Pemecutan in academic year 2015/2016
keyword : The scientific approach to audio- visual media , events, knowledge competence

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v4i1.7468

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :


Universitas Pendidikan Ganesha


Creative Commons License

Mimbar PGSD Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Mimbar PGSD Undiksha indexed by:

Akreditasi SINTA 5 Mimbar PGSD    Crossref



Creative Commons License

Mimbar PGSD Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.