PENERAPAN METODE AUDIOLINGUAL BERBANTUAN MEDIA WAYANG UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS IV

Ni Putu Eka Ari Adnyani ., Drs. Ignatius I Wayan Suwatra,M.Pd ., Drs. Ketut Pudjawan, M.Pd .

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: meningkatkan keterampilan berbicara. Jenis Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dua siklus dan setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencaan, pelaksanaan, observasi/evaluasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 2 Tukadmungga tahun pelajaran 2015/2016 yang berjumlah 24 orang siswa. Objek penelitian ini adalah keteramilan berbicara, data keterampilan berbicara dikumpulkan dengan lembar observasi. Data yang dikumpulkan dianalisis menggunakan analisis kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, siklus I sebesar 71,66% dengan katagori “sedang” mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 84,32% dengan katagori “Baik”. Rata-rata hasil keterampilan berbicara siswa pada siklus I sebesar 18,33% pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 21,95%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpilkan bahwa penerapan metode audiolingual berbantuan media wayang dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas IV semester II di SDN 2 Tukadmungga tahun pelajaran 2015/2016.
Kata Kunci : metode audiolingual, media wayang, keterampilan berbicara

The purpose of this research is to improve speaking skill. The research design in the present study was classroom action research which consist of two cycle. Each cycle consist of four steps there are planning, action, observing/ evaluating and refiection.the subject of the presents study was the IV grade students of SDN 2 Tukadmungga in academi year 2015/2016 which consisted of 24 students. The objective of the presents study was speaking skill, the data of the speaking skill collected through observation sheet. The data in the presets study analyze through kuantitatif analysis. The result of the present study shawed in the cycle I 71,66% categorize as “ medium” that was improve in the cycle II to be 84, 32% categorize as “ good”. The werage resut of students speaking skill in cycle I was 18, 33% in the cycle II there was on improvement to be 21, 95%. Based on the result could be conclude that the audiolingual which help the through wayang as a media could be improve students speaking skill in IV grade in second semester in SDN 2 tukadmungga in academic year 2015/2016
keyword : metode audiolingual, media wayang, speaking skill

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v4i1.7476

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :


Universitas Pendidikan Ganesha


Creative Commons License

Mimbar PGSD Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Mimbar PGSD Undiksha indexed by:

Akreditasi SINTA 5 Mimbar PGSD    Crossref GARUDA MIMBAR PGSD Undiksha



Creative Commons License

Mimbar PGSD Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.