PENGARUH MODEL SIKLUS BELAJAR BERDASARKAN KONSEP TRI PRAMANA TERHADAP HASIL BELAJAR IPA KELAS IV SD GUGUS XV KECAMATAN BULELENG

Authors

  • Md. Ariestini, I Nym. Arcana, I Kt. Dibia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.748

Abstract

Abstrak

Penelitian dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar IPA antara kelompok siswa yang dibelajarkan menggunakan model siklus belajar berdasarkan konsep Tri Pramana dengan siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran konvensional pada siswa kelas IV Semester 2 Gugus XV Kecamatan Buleleng Kabupaten Buleleng Tahun Pelajaran 2012/2013. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan menggunakan rancangan non-equivalent post-test only control group desain. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV di gugus XV Kecamatan Buleleng Kabupaten Buleleng. Sampel dipilih sebanyak dua sekolah dari delapan sekolah dengan menggunakan teknik “random sampling”. Data penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan metode tes, yaitu tes pilihan ganda. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial (uji-t). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar IPA antara siswa yang dibelajarkan menggunakan model siklus belajar berdasarkan konsep Tri Pramana dengan siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran konvensional. Hal ini ditunjukkan oleh adanya pencapaian rata-rata nilai siswa yang dibelajarkan menggunakan model siklus belajar berdasarkan konsep Tri Pramana yang tergolong sangat tinggi dengan rata-rata 15,9 sedangkan siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran konvensional tergolong tinggi dengan rata-rata 11,9.

 

Kata kunci: model siklus belajar, konsep tri pramana, hasil belajar

Downloads

Published

2013-01-08

How to Cite

I Kt. Dibia, M. A. I. N. A. (2013). PENGARUH MODEL SIKLUS BELAJAR BERDASARKAN KONSEP TRI PRAMANA TERHADAP HASIL BELAJAR IPA KELAS IV SD GUGUS XV KECAMATAN BULELENG. MIMBAR PGSD Undiksha, 1(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.748

Issue

Section

Articles