Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle 5E Berbantuan Media GrafisTerhadap Hasil Belajar IPA pada Siswa Kelas IV SD Gugus Majapahit Kecamatan Pekutatan Kabupaten Jembrana Semester Genap Tahun Pelajaran 2015/2016

Ni Kadek Dwi Putriani ., Drs. I Nyoman Murda,M.Pd. ., Ni Wayan Rati, S.Pd., M.Pd. .

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar IPA antara kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Learning Cycle 5E Berbantuan Media Grafis dan kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran konvensional. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan rancangan non equivalent post test only control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD di Gugus Majapahit Kecamatan Pekutatan Kabupaten Jembrana semester genap tahun pelajaran 2015/2016 yang berjumlah 138 orang. Pemilihan sampel dilakukan dengan teknik random sampling. Sampel penelitian ini adalah kelas IV SD Negeri 1 Gumbrih yang berjumlah 20 orang dan kelas IV SD Negeri 4 Pekutatan yang berjumlah 24 orang. Data hasil belajar IPA siswa dikumpulkan dengan metode tes dan instrumen berupa lembar soal pilihan ganda yang berjumlah 28 butir soal. Selanjutnya data dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial (uji-t) (nilai Thitung = 4,74 dan Ttabel = 1,68195, sehingga Thitung > Ttabel). Hasil analisis uji-t menemuakan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar IPA antara kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Learning Cycle 5E berbantuan media grafis dan kelompok siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional. Rata-rata skor hasil belajar IPA siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Learning Cycle 5E berbantuan media grafis adalah 23,10, dan rata-rata skor hasil belajar IPA siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional adalah 18,50. Jadi model pembelajaran Learning Cycle 5E berbantuan media grafis berpengaruh terhadap hasil belajar IPA pada siswa kelas IV SD Gugus Majapahit Kecamatan Pekutatan Kabupaten Jembrana Semester Genap Tahun Pelajaran 2015/2016.
Kata Kunci : hasil belajar IPA, learning cycle 5E, media grafis

The purpose of research was to differences in the results between groups of students to learn science that learned with models Assisted Learning Cycle 5E Media Graphics and the group of students that learned with conventional learning models. This study is a quasi-experimental research design with non equivalent post test only control group design. The population in this study is a fourth grade student in the Cluster Majapahit Jembrana District of Pekutatan second semester of academic year 2015/2016 which amounted to 138 people. Sample selection is done by random sampling technique. Samples were class IV SD Negeri 1 Gumbrih of 20 people and a class IV SD Negeri 4 Pekutatan amounting to 24 people. IPA student learning outcomes data collected by the test methods and instruments in the form of multiple choice questions sheet totaling 28 items. Furthermore, the data were analyzed using descriptive statistical analysis and inferential statistics (t-test) (Thitung value = 4.74 and Ttabel = 1.68195, so Thitung> Ttabel). The results of t-test analysis menemuakan that there are significant differences between the IPA learning outcomes of students that learned with Learning Cycle 5E model of media-aided graphics and a group of students that learned with conventional learning. The average score of science learning outcomes of students that learned with Learning Cycle 5E model of media-aided graphic is 23.10, and the average score of science learning outcomes of students that learned with conventional learning is 18.50. So the model Learning Cycle 5E-aided graphic media influence on science learning outcomes in grade IV elementary cluster Majapahit Pekutatan District of Jembrana Semester Academic Year 2015/2016.
keyword : Science learning outcomes, 5E learning cycle, graphic media

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v4i1.7482

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :


Universitas Pendidikan Ganesha


Creative Commons License

Mimbar PGSD Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Mimbar PGSD Undiksha indexed by:

Akreditasi SINTA 5 Mimbar PGSD    Crossref GARUDA MIMBAR PGSD Undiksha



Creative Commons License

Mimbar PGSD Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.