Pengaruh Model Pembelajaran Self Regulated Learning Berbantuan Media Audio Terhadap Motivasi Belajar Matematika Siswa

Authors

  • Ni Nyoman Astiti Rahayu .
  • Prof. Dr. Gede Sedanayasa,M.Pd .
  • I Wayan Widiana, S.Pd., M.Pd .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v4i1.7486

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan motivasi belajar matematika antara kelompok siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Self Regulates Learning (SRL) berbantuan media audio dan kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran konvensional pada siswa kelas IV di Gugus III Kecamatan Blahbatuh tahun pelajaran 2015/2016.Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV di Gugus III Kecamatan Blahbatuh tahun pelajaran 2015/2016 yang berjumlah 91 orang. Sampel penelitian ini yaitu siswa kelas IV SDN 2 Buruan yang berjumlah 21 orang dan siswa kelas IV SDN 1 Buruan yang berjumlah 21 orang. Data motivasi belajar matematika siswa dikumpulkan menggunakan kuesioner dengan 30 pernyataan. Data yang dikumpulkan dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial (uji-t). Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pada motivasi belajar matematika antara kelompok siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Self Regulates Learning (SRL) berbantuan media audio dan kelompok siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran konvensional. Dengan demikian penerapan model pembelajaran Self Regulates Learning (SRL) berbantuan media audio berpengaruh positif terhadap motivasi belajar matematika siswa.
Kata Kunci : Self Regulates Learning (SRL), media audio, motivasi belajar Matematika.

This study aims to determine differences in motivation to learn mathematics between groups of students that learned by using model Self Regulates Learning (SRL ) assisted audio media and groups of students that learned with Conventional Learning models in the fourth grade students in Cluster III Blahbatuh the school year 2015/2016. This research is a quasi-experimental. The population of this research is all fourth grade students in Cluster III Blahbatuh the school year 2015/2016 totaling is 91 people. Samples of this research that fourth grade students of SDN 2 Buruan totaling is 21 people and fourth grade students at SDN 1 Buruan totaling is 21 people. Data collected students' motivation to learn mathematics shaped with questionnaire with 30 statements. Data collected were analyzed using descriptive statistikal analysis and inferential statistiks (t-test). The results of this study shows that there are significant differences between the student’s motivation to learn Mathematics group that learned by using Self Regulates Learning (SRL) model assisted audio media and groups of students that learned using Conventional Learning model. Therefore the application of learning Self Regulates Learning (SRL) models aided audio media can affect the student’s motivation to learn mathematics.
keyword : Self Regulates Learning (SRL), audio media, motivation to learn Math

Published

2016-07-14

How to Cite

., N. N. A. R., ., P. D. G. S., & ., I. W. W. S. M. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Self Regulated Learning Berbantuan Media Audio Terhadap Motivasi Belajar Matematika Siswa. MIMBAR PGSD Undiksha, 4(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v4i1.7486

Issue

Section

Articles